Yuk, Kenali Kopi-kopi Termahal Indonesia

Kopi Indonesia bukan sembarang kopi. Itulah kenapa kopi Indonesia sangat diminati di dunia dan termasuk specialty coffee atau kopi berkualitas premium. Ngga heran, fakta ini menyebabkan beberapa kopi Indonesia dihargai sangat tinggi. Bahkan masuk ke jajaran kopi termahal dunia. Kopi apa sajakah itu?

Kopi Luwak

Kopi ini sudah sangat mendunia dan dianggap sebagai salah satu kopi termahal. Namun, bukan sembarang ‘luwak’ sebagai label, tapi kopi yang berasal dari luwak. Artinya, biji kopinya pernah menyatu dengan feses luwak secara alami. Yang membuat harga kopi luwak sangat tinggi, selain kelangkaan adalah cita rasanya; earthy dan punya kandungan protein dan lemak sehingga dianggap lebih sehat.

Keistimewaan lain dari kopi luwak adalah punya kadar asam dan kafein yang rendah. Dilansir Republika.co.id (13/10/2017), kopi luwak termahal berasal dari Bali yaitu kopi luwak Hutan Bercinta yang harganya bisa mencapai Rp60 juta/kg. Wah, seharga motor sport nih.

Kopi Ciwidey

Kopi yang berasal dari Gunung Patuha, Bandung Selatan, Jawa Barat ini dihargai Rp2.500.000 per/kg. Dilansir dari Mediaindonesia.com (18/11/2017), faktor yang menyebabkan kopi ciwidey mahal adalah pengolahannya yang menggunakan metode “black honey” berupa pemilihan bibit yang baik dengan memetik buah kopi yang merah saja, dan melakukan proses penjemuran hingga 31 hari.

Metode seperti ini menghasilkan cita rasa spesial, yaitu kopi seperti memiliki rasa wine (padahal tidak ada kandungan alkoholnya) dengan campuran rasa dark coklat dan lemon tea saat diseruput semakin dalam. Ngiler ngga, Top Lovers?

Kopi-kopi Indonesia Lainnya

Selain dua kopi di atas, kisaran harga kopi berkualitas dari Indonesia seperti kopi gayo, toraja, flores (bajawa), kopi gunung puntang, dan java coffee berkisar pada harga 150-700 ribu rupiah. Di antara semua itu, yang paling mahal adalah kopi gunung puntang yang pernah mencapai harga 55 dolar AS (700-an) saat berhasil menjadi juara dalam Specialty Coffee Association of America Expo di Atlanta, Amerika Serikat, 14-17 April 2016 lalu.

Beruntunglah kita, Top Lovers, hidup di negara yang memiliki kekayaan alam melimpah, salah satunya kebun kopi yang menghampar luas di berbagai daerah dengan kualitas terbaik. Jadi jangan sia-siakan itu semua, cintailah Kopinya Orang Indonesia.