Trik Bedakan Kopi “yang Berkualitas” dan “yang Tidak”

Kata siapa menilai kualitas kopi hanya bisa dilakukan q grader atau cupper. Sejatinya, sebagai Top Lovers, siapa pun bisa menilai kualitas kopi. Kemampuan ini perlu sebab sebagai ‘tukang ngopi’ tentu kamu nggak mau bukan, kalau kopi yang sedang kamu minum itu ngga enak atau ngga memiliki cita rasa, dikarenakan kualitasnya yang kurang bagus.

Nah, di sini ada trik yang bisa kamu lakukan untuk bedakan “yang berkualitas” dan “yang tidak”. Yuk, simak. 

Keasamannya Alami

Rasa segar ngga hanya berasal dari minuman dingin yang diminum saat kehausan dan kepanasan. Ternyata, dari kopi pun kesegaran bisa datang terutama dari keasamannya yang alami dan earthy. Nah, kopi berkualitas memiliki rasa seperti itu. Selain itu, bau sangrai kopi pun biasanya masih melekat pada biji kopi berkualitas, sehingga menambah harum kopi saat diseduh diteguk. Hmmmmmmm …

Resapi Rasanya

Ini adalah hal utama yang bisa membedakan kopi berkualitas baik dan tidak baik. Kata pepatah lama, rasa memang tak bisa dibohongi, bener kan Top Lovers? Menurut salah seorang roaster terkemuka, Dikdik Hamdany, melalui Pikiran Rakyat (01/02/2018), kopi yang tidak berkualitas biasanya diambil dari kopi yang masih hijau atau buah kopi tersebut terserang hama. Kalau begini, rasa kopi bisa jadi ngga enak, seperti obat dan hambar.

Cium Aromanya

Cobalah cium aroma bubuknya sebelum kopi diseduh. Kopi yang tidak berkualitas, biasanya berbau apek. Sementara, kopi yang berkualitas bagus tentu mengeluarkan aroma harum. Pada beberapa jenis kopi, bahkan ada yang mengeluarkan aroma buah dan bunga, seperti kopi Flores atau bajawa dan kopi asal Ethiopia yang beraroma bunga.

Kalau kamu penikmat kopi kemasan (sachet), cara ini juga bisa kamu lakukan. Coba cium dulu aroma kopi saat membuka kemasan, kalau sudah bau tengik lebih baik jangan konsumsi. Selain itu, kamu juga bisa mengecek tanggal kedaluarsanya. Kalau sudah lewat, jangan pernah menyeduh, apalagi meminumnya, ya, Top Lovers.

Dan jangan lupa, percayakan kopi pilihanmu pada produsen terpercaya yang merupakan Kopinya Orang Indonesia.