Tips Menjadi Pencicip Kopi Profesional Alias Q-Grader

Profesi yang berhubungan dengan kopi ternyata banyak lho, TOP Lovers! Salah satunya adalah Q Grader, atau pencicip kopi profesional. Buat kamu yang belum familiar dengan profesi ini, Q Grader mempunyai tugas untuk mencari kesalahan yang ada pada kopi, mengidentifikasi, mengevaluasi kopi dan juga mampu menjelaskan karakteristik dari sebuah kopi yang dirasakannya.

Untuk bisa disebut sebagai Q Grader kamu harus memiliki license yang didapatkan dari berbagai tes panjang yang sulit dan lumayan memakan waktu. License yang akan didapatkan seorang Q Grader bertingkat internasional dan dikeluarkan oleh Coffee Quality Institute. Nah, jika kamu tertarik menjadi seorang Q Grader profesional, berikut tips-tips yang perlu kamu lakukan.

Memahami Rasa & Aroma Kopi

Hal yang satu ini pastinya wajib kamu pahami. Dengan mencoba berbagai olahan dan origin kopi, kamu harus mempelajari karakteristik rasa dan aroma dari kopi yang kamu minum untuk dapat menjadi Q Grader yang baik.

Menilai Kopi

Karena Q-Grader bertugas menilai kopi, kamu harus terbiasa memberikan penilaian pada setiap kopi yang kamu minum. Lalu kamu juga harus terbiasa menggunakan SCAA Cupping Form sebagai lembar penilaiannya. Kamu harus bisa memberikan nilai pada sebuah kopi dari skala 6 (Good) sampai 9(Very Good)

Mempelajari roasting

Bukan berarti kamu harus belajar melakukan roasting, TOP Lovers, tapi yang kamu harus kuasai adalah berbagai macam proses roasting dan kamu juga harus bisa membedakan rasa kopi yang dihasilkan dari setiap proses roasting.

Mengidentifikasi Kopi

Kalau kamu sudah melakukan semua latihan diatas, maka yang terakhir perlu kamu lakukan adalah mengidentifikasi darimana kopi itu berasal, karakteristik dari kopi, dan bahkan pengolahan kopi seperti pengeringan dan roasting yang dilakukan.

Kalau kamu ingin mengikuti tes untuk mendapatkan gelar Q-Grader, tips-tips di atas bisa banget kamu coba sebagai latihan sehari-hari. Untuk jadi lebih jago lagi, taka da salahnya mengikuti kelas-kelas khusus tentang kopi dan mempelajari banyak hal mengenai kopi, terutama karakteristik rasa dan aroma kopi. Kalau kamu tekun belajar dan berlatih, pasti kamu bisa mendapatkan serttifikat internasional dari Coffee Quality Institute sebagai Q-Grader.