Tiga Daerah Penghasil Kopi Terbaik di Indonesia

Dari Merauke sampai Sabang, terdapat begitu banyak daerah penghasil kopi dengan kualitas unggul yang sangat dihargai para pencinta kopi di seluruh dunia. Biji kopi yang dihasilkan setiap daerah pun memiliki ciri khas masing-masing. Kopi memang telah lama menjadi komoditi alam Indonesia, yang membanggakan dan menyiratkan betapa subur dan kayanya nusantara. Begitu banyak kantong penghasil kopi arabika dan robusta di Indonesia. Mari kenali tiga diantaranya:

Gayo, Aceh

Perkebunan kopi yang sudah ada selama lebih dari satu abad ini terletak di daerah dataran tinggi Gayo, Aceh Tengah dan menjadi daerah penghasil kopi terbesar dan terluas di Indonesia. Gayo terkenal dengan kualitas kopi arabikanya yang sempat beberapa kali dinobatkan sebagai arabika terbaik di dunia.

Kopi Gayo - demikian nama biji kopi yang dihasilkan daerah ini - memiliki tingkat kekentalan yang ringan, keasaman yang seimbang, aroma harum yang khas dan rasa tidak terlalu pahit. Kopi ini juga dijuluki - green beans - karena dibudidayakan nyaris tanpa menggunakan pupuk buatan. Nilai alami yang dijunjung tinggi inilah yang membuat kopi gayo sangat berharga di mata pencinta kopi di seluruh dunia.

Kintamani, Bali

Pegunungan Kintamani di Bali menjadi salah satu daerah penghasil komoditas kopi terbaik selanjutnya. Kopi yang ditanam di perkebunan ini diairi dengan sistem pengairan subak. Kopi Kintamani sangat disukai penikmat kopi mancanegara karena tingkat kekentalannya sedang, keasaman yang cukup rendah serta tanpa rasa sepat. Uniknya, kopi arabika dari daerah ini mengeluarkan aroma sitrus dan rempah saat diseduh. Kualitas kopi kintamani yang terjaga antara lain disebabkan karena para petani kopi Kintamani sangat menjaga tata cara petik pilih selama panen.

Tanggamus, Lampung

Perkebunan kopi Tanggamus terletak di sekeliling kaki dan lereng gunung Tanggamus, Lampung. Daerah ini menghasilkan kopi dari jenis robusta dan merupakan 40% dari total hasil kopi di Lampung.

Robusta Tanggamus memiliki kualitas sangat baik sehingga cukup diminati di pasar dalam negeri maupun internasional. Dibudidayakan di lahan pegunungan yang sejuk dan subur secara organik, robusta Tanggamus populer berkat cita rasa yang chocolaty serta aroma yang kuat.


Image source: gondwana-dmcs.net