Suka Kopi Hitam? Ini Takaran Pas Untuk Menikmatinya

Kamu penikmat kopi hitam? Kopi hitam bagi sebagian orang jadi pilihan terbaik untuk menikmati “rasa asli” dari kopi. Para penikmatnya merasa dalam secangkir kopi hitam, cita rasa dari kopi masih utuh terjaga. Nah, bagi TOP Lovers yang suka kopi hitam, ternyata untuk mendapatkan rasa kopi yang sempurna ada takaran yang harus diikuti agar hasil kopi yang diseduh pas.

 

Takaran dalam membuat kopi memang relatif bagi setiap orang. Tiap orang punya takaran spesifik yang berbeda-beda. Namun satu hal yang pasti, bila menyeduh kopi bubuk dalam jumlah yang banyak dengan jumlah air yang standar, maka bisa dipastikan rasa kopinya jadi sangat pahit. Sebaliknya jika kopi yang diseduh jumlahnya terlalu sedikit dan airnya terlalu banyak, rasa kopi akan menjadi hambar.  Setelah mengetahui hal ini, TOP Lovers mungkin jadi bertanya-tanya “Terus, takaran yang pas seperti apa, dong?”

 

Salah satu takaran yang bisa kamu coba adalah resep dari Matthew Marks, pemilik Forty Weight Coffee Roasters di Brooklyn, AS. Menurutnya, 2 sendok makan kopi (sekitar 11,25 gram) diseduh dengan air panas sebanyak ¾ ukuran cangkir akan menghasilkan 6 ons kopi seduh yang nikmat. Takaran yang diberikan Marks adalah takaran standar yang dipakai dalam industri kopi dan akan menghasilkan rasa kopi hitam yang pas. Jika kamu merasa resep ini belum cocok di lidahmu, kamu masih bisa bereksperimen dengan takaran atau racikan yang sesuai dengan keinginanmu.

 

Takaran yang pas memang menambah nikmatnya kopi hitam. Namun, takaran yang detail bagi setiap orang memang relatif, nih, TOP Lovers. Hal yang terpenting adalah takaran kopi tak bisa dikira-kira. Jadi, jika kamu sudah menemukan sendiri takaran yang benar-benar pas dengan lidahmu, catatlah takarannya agar kamu bisa membuat lagi secangkir kopi hitam yang pas sesuai seleramu. Selamat mencoba!