Sudah Tahu Kopi Hijau? Simak Penjelasannya Ini, Top Lovers

Sudah dijelaskan dalam artikel sebelumnya, 5 Manfaat Kopi yang Mungkin Belum Kamu Tahu, TOP Banget!, kalau manfaat kopi salah satunya mencakup kesehatan tubuh. Seperti menurunkan risiko penyakit hati, diabetes, demensia, dan kanker.

Nah, ternyata manfaat kopi ngga terbatas itu. Soalnya, ada kopi hijau yang sedang hype dan punya segudang manfaat. Sebenarnya apa sih kopi hijau itu dan apa saja manfaatnya? Yuk, simak, Top Lovers.

Kopi hijau adalah biji kopi yang belum dipanggang. Namun agar bisa dikonsumsi kopi hijau tetap harus dijemur lalu digiling untuk mendapatkan tekstur halus kopi yang bisa diseduh. Dari sisi rasa, kopi hijau lebih pahit dengan sedikit rasa daun teh. Warnanya pun tidak hitam, tapi hijau mirip minuman green tea.

Sedangkan dari sisi kandungan di dalamnya, kopi hijau memiliki senyawa asam klorogenat lebih banyak dibanding kopi yang sudah disangrai. Hal ini disebabkan asam klorogenat di biji kopi sangrai berkurang lebih dari separuh akibat suhu yang tinggi. Dengan demikian, kopi hijau bisa dikatakan punya asam klorogenat yang lebih utuh.

Menurut hasil penelitian Gastroenterology Research and Practice, senyawa inilah yang memungkinkan sesorang yang mengonsumsi kopi hijau secara rutin, berat badannya bisa turun hingga 1,3-2,2 kg dan tubuhnya lebih sehat. Pasalnya, asam klorogenat bertindak sebagai antioksidan yang ampuh untuk detoksifikasi, meningkatkan metabolism tubuh, menambah mood, menurunkan tekanan darah dan berat badan.

Meski begitu, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan kalau mau rutin mengonsumsi kopi hijau. Menurut Alodokter.com, kopi hijau juga tetap memiliki efek samping, seperti sakit kepala ringan, sakit perut, serangan kecemasan, sulit tidur, dan sering buang air kecil. Sebab bagaimana pun, kopi hijau tetap mengandung kafein yang kurang ramah bagi pemilik lambung sensitif.

Yang paling penting Top Lovers, kalau kamu ingin sehat, sertai aktivitas keseharianmu juga dengan olahraga. Perpaduan antara meminum kopi hijau dan olahraga, tentunya akan memberikan hal yang lebih top terhadap kesehatanmu. Setuju?