Selain Penghasil Kopi, 5 Daerah ini Juga Merupakan Destinasi Wisata Favorit

Indonesia merupakan surga kopi. Tanaman kopi dihasilkan hampir oleh semua daerah, dari ujung barat (Aceh) hingga ujung timur sana (Papua). Ditambah lagi, masyarakat Indonesia yang begitu lekat dengan kopi, membuat aktivitas ngopi sudah menjadi aktivitas keseharian. 

Tapi ada satu hal yang biasanya luput dari perhatian, yaitu daerah-daerah penghasil kopi di Indonesia itu juga termasuk destinasi-detinasi wisata favorit. Daerah mana sajakah itu?

Ngada

Selain Penghasil Kopi, 5 Daerah ini Juga Merupakan Destinasi Wisata FavoritKampung Bena, Bajawa, di dataran tinggi Ngada, Flores.

Siapa yang tak kenal kopi Bajawa? Kopi yang terkenal dengan aroma buah dan bunga (floral) dengan kekentalan yang medium ini termasuk ke dalam specialty coffee. Kopi Bajawa ini dihasilkan dari dataran tinggi Ngada, Kabupaten Ngada. Kabupaten yang berada di bagian tengah pulau Flores, provinsi NTT ini memiliki destinasi-destinasi wisata yang eksotis, antara lain Kampung Bena, Alam Laut 17 Riung, Kawah Wawomuda, dan Pantai Pasir Putih.

Toraja

Kopi Toraja terkenal karena cita rasanya yang unik: beraroma rempah dengan kadar keasaman cukup tinggi dan rasa yang sangat kuat. Sebagai destinasi wisata favorit, Tana Toraja jangan diragukan lagi. Ada wisata tradisi seperti Ma’nene, Rambu Solo dan rumah adat Tongkonan, kemudian wisata alam di Batutumonga, Air Terjun Sarambu Assing, dan desa wisata Kete Kesu yang indah.

Kintamani

Selain Penghasil Kopi, 5 Daerah ini Juga Merupakan Destinasi Wisata FavoritDanau Batur di Kintamani, salah satu destinasi favorit di Bali.

Kopi kintamani memiliki keasaman yang sedang, manis saat diseduh, dan beraroma buah (jeruk nipis). Selain itu, di Kintamani pun bisa ditemukan varian kopi luwak, sebagai salah satu kopi termahal di dunia. Nah, selain penghasil kopi, Kintamani yang merupakan bagian dari kabupaten Bangli, Provinsi Bali ini juga memiliki spot wisata yang eksotis. Sebut saja, Danau Batur, Agrowisata Kopi Luwak, dan Desa Wisata Panelokan.

Papua

Selain Penghasil Kopi, 5 Daerah ini Juga Merupakan Destinasi Wisata FavoritRumah Suku Dani yang berada di Lembah Baliem, daerah penghasil kopi Papua sekaligus wisata budaya dan alam.

Kopi Papua yang dihasilkan merupakan salah satu kopi organik dengan kualitas terbaik. Ini disebabkan tanah Papua yang masih sangat subur dan petani kopi di sana pun memupuk tanaman kopi tanpa pupuk kimia. Ciri khas kopi Papua adalah beraroma harum, tekstur halus dan memiliki after taste yang manis. Selain itu, pasti kamu pun sudah tahu kalau tanah Papua memiliki keindahan alam yang sangat eksotis sehingga menjadi destinasi favorit dunia. Sebut saja di antaranya Lembah Baliem, Puncak Jayawijaya, Danau Sentani, Taman Nasional Lorenz, dan Teluk Cendrawasih.

Priangan

Selain Penghasil Kopi, 5 Daerah ini Juga Merupakan Destinasi Wisata Favorit
Kawah Putih, Ciwidey, Bandung Selatan, salah satu destinasi wisata favorit di Jawa Barat yang dikelilingi perbukitan penghasil kopi Priangan.

Pada masa lalu, kopi Priangan lebih dikenal dengan kopi Preanger. Di masa kini, kopi yang dihasilkan di daerah pegunungan-pegunungan Jawa Barat itu relatif mengalami penurunan kuantitas akibat pengurangan lahan. Meski begitu, dari sisi kualitas kopi preanger yang saat ini dihasilkan dari Cianjur Selatan, Gunung Puntang dan Bandung Selatan, Garut, dan Sumedang. Sebagai daerah wisata, daerah Priangan terkenal dengan alam yang sangat eksotis. Top Lovers pasti sudah tak asing lagi dengan destinasi wisata seperti Situ Patenggang dan Kawah Putih di Ciwidey, Taman Bunga Nusantara, dan Perkebunan Teh Pengalengan.

Bagaimana Top Lovers, sudah menentukan destinasi wisata mana yang akan dikunjungi? Jangan lupa tetep ngopi bareng, Top Coffee, kopinya orang Indonesia ya, kapan saja di mana saja biar perjalanan wisata tetep asik.