Secangkir Kopi untuk Mencegah Diabetes

Mungkin masih banyak di antara kita yang menganggap diabetes hanya menyerang orang-orang yang sudah berusia lanjut. Jangan salah lho, TOP Lovers, penyakit yang tergolong ke dalam penyakit kronis ini juga bisa menyerang orang-orang yang masih berusia muda.

Karena pola makan dan gaya hidup yang tidak sehat, kurang berolahraga, ditambah suka mengonsumsi makanan yang mengandung gula tinggi atau junk food berlebihan bisa memicu terserang diabetes. Jadi ada baiknya TOP Lovers selalu memperhatikan kesehatan.

Sebenarnya ada banyak cara pencegahan sampai penyembuhan diabetes yang sudah diteliti oleh para ahli. Tapi hasil penelitian yang diterbitkan dalam Jurnal Diabetologia AS pada tahun 2014 menambah satu lagi upaya pencegahan terhadap diabetes. TOP Lovers pasti sudah bisa menebaknya, deh. Yup, betul! Yaitu dengan memanfaatkan kopi. Minuman yang pasti dinikmati TOP Lovers setiap hari ini ternyata dapat mencegah seseorang terserang penyakit kronis ini hingga 11%.

Tipe diabetes yang disebutkan oleh para ahli dapat dicegah dengan kopi adalah diabetes tipe 2, yaitu diabetes yang muncul ketika tubuh tidak dapat memproduksi insulin dalam jumlah yang dibutuhkan tubuh. Bedanya dengan diabetes tipe 1 yang disebabkan kerusakan pankreas sehingga produksi insulin berkurang, tipe 2 lebih disebabkan insulin tidak bisa mengontrol kadar gula darah dalam tubuh. Dan peran kopi dalam hal ini adalah untuk membantu insulin untuk mengontrol kadar gula darah dalam jumlah tepat.

Dalam penelitian yang dilakukan oleh Qingdao University di Cina, ahli membandingkan antara kelompok orang yang menambah porsi cangkir kopi yang dikonsumsi dalam sehari dengan kelompok orang yang tidak menambah porsi konsumsi kopi mereka, menunjukkan hasil mereka yang menambah satu hingga dua cangkir sehari berisiko lebih kecil terserang diabetes tipe 2.

Jadi, bagi TOP Lovers yang biasanya cuma minum kopi secangkir sehari atau yang berisiko tinggi terkena diabetes karena faktor keturunan misalnya, boleh menambah konsumsi kopinya supaya mendapat manfaat kopi yang satu ini. Tapi perlu diingat ya, TOP Lovers, minum kopinya jangan yang pakai gula.

Kopi hitam murni tanpa tambahan apa pun adalah kopi yang disarankan. Bubuk kopi yang dikonsumsi mentah juga punya khasiat yang sama dengan kopi yang diseduh, lho. Ada TOP Lovers yang mau mencobanya? :D

Nah, buat hubungannya antara kopi dan diabetes ini, karena adanya kandungan senyawa atau zat dalam kopi yang dapat mengatur glukosa dalam tubuh. Kopi juga dapat meningkatkan kerja adiponektin, yaitu protein yang dihasilkan tubuh untuk mengatur kadar gula dalam darah. Ahli kesehatan juga mengatakan bahwa mengonsumsi kopi bisa menekan keinginan seseorang untuk minum minuman manis dan soda.

Dengan adanya penelitian beserta hasilnya mengenai manfaat lain kopi untuk mencegah diabetes ini, diharapkan akan memberi kemudahan kepada kita yang concern terhadap kesehatan tubuh ya, TOP Lovers. Tapi yang perlu selalu kita perhatikan adalah bahwa mengonsumsi kopi bukanlah satu-satunya cara.

Baiknya, sih, di samping kita terus mengonsumsi kopi, tentu dalam batas wajar, kita juga perlu memperhatikan pola makan sehat dan asupan makanan yang kita makan, tidak lupa dibarengi dengan olahraga teratur. Semakin cinta sama si kopi deh, sudah enak sehat pula. Seruput dulu, yuk, TOP Coffee-nya! ? 

Image source: mindbodygreen.com