Rahasia Meracik Kopi Tubruk Ala Barista

Banyaknya pilihan cara menikmati kopi di Indonesia, membuat penikmat kopi termanjakan. Bersyukurlah karena kita mengenal varian penyajian kopi seperti Kopi Jos, Kopi Klotok, dan  Kopi Tubruk. Nah, buat yang disebut terakhir yakni Kopi Tubruk, pada kesempatan ini kita bahas secara khusus. Terkait cara penyajian ala-ala barista gitu, Top Lovers. Yuk, kita simak bersama.

Simak juga artikel lain mengenai 5 Langkah Jitu Jadi Barista Idola


Giling Kopi Sebelum Diseduh

Rahasia Meracik Kopi Tubruk Ala Barista

Ini adalah salah satu kunci racikan kopi tubruk para barista sebelum dihidangkan. Gilingan kopi yang halus (fine) akan membuat rasa kopi lebih segar. Selain itu, kalau memungkinkan, sangrai kopi sesaat sebelum diseduh untuk mendapatkan karakter terbaik kopi. Karena itu, alat-alat penting kopi seperti grinder cukup diperlukan untuk meracik kopi tubruk yang enak.

Takaran Air yang Pas
Setelah digiling dan disangrai, tuangkan air mendidih ke dalam kopi. Air mendidih memiliki banyak mineral yang dapat memicu minyak esensial dalam kopi larut secara optimal. Pada proses ini, kopi akan memiliki kadar kepahitan yang pas. 

Untuk sajian kopi yang lebih nikmat, baca Tips-Tips Minum Kopi Agar Lebih Nikmat Dan Mantap


Rahasia Meracik Kopi Tubruk Ala Barista

Tahan, Jangan Dulu Diaduk!
Selain kopi dan air, proses ini juga berpengaruh lho, Top Lovers! Setelah dituang air mendidih, barista profesional biasanya tidak langsung mengaduk kopi, tapi menahannya beberapa saat. Tujuan dari hari ini, agar aroma kopi lebih kuat dan rasa asli kopi tetap terjaga.

Sesuaikan dengan Selera
Selera adalah hak setiap orang. Karena itu, siapapun boleh menentukan dan menilai cita rasa Kopi Tubruk sesuai dengan seleranya masing-masing. Sebagai seorang profesional, seorang barista kopi harus melayani selera orang-orang yang berbeda-beda tersebut, cukup berat bukan? Dalam menyiasati hal ini, mereka biasanya bercengkrama dengan para pecinta kopi untuk memberi pengetahuan tertentu dalam racikannya. Tak jarang mereka pun bertanya, “ingin dibuatkan kopi dengan rasa seperti apa?” Apakah dengan kadar kepahitan yang tinggi, moderat, atau rendah.

Sajian-sajian kopi di Indonesia unik, baca selengkapnya artikelnya Sajian Kopi Khas Indonesia Yang Tidak Ada Di Negara Lain


Tapi jika kamu ingin membuat kopi tubutk untuk dinikmati sendiri tapi tetap ala barista, kamu tinggal siapkan saja kopi terbaik yang sesuai seleramu dengan mengikuti langkah-langkah di atas.