Proses Pembuatan Kopi, Dari Awal Hingga Sampai ke Cangkirmu

Proses pembuatan agar secangkir kopi bisa kamu nikmati memang tidak gampang dan juga membutuhkan waktu yang panjang. Dari biji kopi sampai menjadi buah kopi saja memerlukan waktu tiga tahun, TOP Lovers.  Lalu untuk proses pembuatan kopi dari dipetik sampai diolah agar dapat diminum juga memerlukan waktu yang tak sebentar. Menanam dan mengolah kopi jelas bukan perjalanan yang sebentar, padahal untuk menghabiskan secangkir kopi hanya diperlukan hitungan menit saja. Nah, supaya lebih bisa menghargai kenikmatan di balik secangkir kopi, simak yuk, ringkasan proses pembuatan kopi berikut ini.

Memetik Buah Yang Sudah Matang

Dalam satu pohon, buah kopi tidak langsung matang secara bersamaan. Ada buah yang sudah berwarna merah, siap petik, dan juga ada yang masih berwarna hijau. Hal ini membuat para petani harus bolak-balik untuk mengecek dan memetik buah kopi yang sudah matang. Wah, benar-benar perjuangan yang melelahkan ya, TOP Lovers.

Pasca Panen

Setelah buah kopi yang matang dipetik, ada dua tahap pengolahan yang dapat dipilih yaitu proses kering dan basah. Pada proses kering buah kopi akan dicuci dan dijemur di bawah matahari selama beberapa hari. Kopi yang dihasilkan dari proses ini akan memiliki rasa  manis dan rasa seperti buah berry. Pada proses basah, mesin digunakan untuk memisahkan buah kopi dengan bijinya kemudian difermentasi di dalam tangki air selama beberapa jam atau hari, untuk melepaskan kulit yang ada pada biji kopi. Setelah terpisah, biji kopi akan dijemur di bawah matahari atau menggunakan mesin. Kopi dengan proses ini memiliki tingkat keasaman yang tinggi dengan rasa yang jernih.

Cupping dan Roasting

 

Setelah melewati proses pengolahan, biji kopi akan disortir kembali. Biji kopi yang bagus dan sudah berwarna hijau akan dipilih untuk cupping, setelah itu biji kopi akan disangrai atau roasting, sesuai dengan rasa dari biji kopi tersebut. Jika tahapan sudah selesai, maka biji kopi sudah dapat di distribusikan.

Siap untuk dinikmati

Tahapan final, di mana kopi yang telah di roasting akan digiling sehingga menghasilkan bubuk halus yang langsung dapat diolah oleh barista atau oleh kamu sendiri, TOP Lovers. Tinggal pilih, ingin di seduh dengan air panas atau menggunakan metode lain seperti cold brew, tinggal pilih saja varian kopi sesuai seleramu!