Ngaku Pecinta Kopi? 5 Kedai Kopi Legendaris Ini Wajib Kamu Datangi

Di balik menjamurnya bisnis kopi bercita rasa modern, tak membuat warung atau kedai kopi tua berdiri tersisih. Justru keberadaan kedai kopi tua, atau sebut saja, legendaris, kian diminati karena dianggap punya cita rasa asli. Selain itu, nilai historis dan metode peracikan juga menjadi nilai tambah yang membuat para penikmat kopi betah berlama-lama di sana.  Pernah ke kedai atau warung kopi legendaris atau belum pernah sama sekali, Top Lovers? Ini 5 nama yang recommended banget buat kamu datangi.

Warung Kopi Solong (Aceh)

Kopi dan masyarakat Aceh seakan tak bisa dipisahkan. Bahkan, konon, orang Aceh lebih memilih ngopi ke warung kopi di pagi hari dibandingkan sarapan. Wah benar-benar penikmat kopi sejati, ya, Top Lovers. Nah, kalau kamu kamu kebetulan sedang berkunjung ke provinsi yang dikenal juga sebagai “Serambi Mekah” ini, jangan lupa mampir ke Warung Kopi Solong.

Warung kopi yang telah berdiri sejak tahun 1974 ini menyajikan aneka racikan kopi di antaranya kopi sanger dan kopi arabika gayo yak tak kalah nikmat. Warung kopi solong berlokasi di kawasan Simpang Tujung Ulee Kareng, Banda Aceh. 

Warung Kopi Kok Tong (Sumatera Utara)

Kalau ke Pematang Siantar, jangan lupa mampir ke Kopi Kok Tong yang sudah ada sejak 1925, ya, Top Lovers. Meski di sini hanya ada dua pilihan kopi yaitu kopi hitam dan kopi susu, kenikmatannya begitu melegenda di seantero Sumatera Utara.

Sebab, biji kopi yang dipakai kabarnya berasal dari biji kopi robusta yang ditanam di dataran tinggi Simalungun dengan pengolahan alami, manual, dan tanpa mesin. Kopi Kok Tong beralamat di Jalan Cipto No. 115. 

Warung Kopi Ake (Belitung)

Dari Aceh kita melompat ke daerah lain, yakni Bangka Belitung. Kurang dikenal sebagai penghasil kopi Indonesia, provinsi yang berbentuk kepulauan ini malah punya kedai kopi legendaris yang sudah berdiri sejak 1921. Ya, warung kopi Ake namanya. Cita rasa yang ditawarkan di sini adalah racikan kopi susu menggunkan alat-alat tradisional, seperti gentong air, alat penyulingan, ketel, dan dua teko, sejak generasi pertama.

Kalau kamu kebetulan traveling ke Bangka Belitung, kamu bisa ngopi-ngopi sambil melepas lelah, ke Jalan KV Senang 57, Tanjung Pandan, Belitung, tempat di mana warung kopi Ake ini berada.

Warung Kopi Purnama (Jawa Barat)

Setelah dari pulau Sumatera dan Babel, kita ke pulau Jawa, Top Lovers. Tepatnya ke daerah, Bandung, Jawa Barat, yang memang dikenal sebagai salah satu penghasil kopi terbaik di Indonesia. Di sini ada warung kopi Purnama yang berlokasi di Jalan Alkateri.

Kedai kopi ini sudah ada sejak 1930 dengan interior yang masih asli sejak 85 tahun lalu. Dan yang tidak berubah tentu saja: kopi susu dan roti srikaya. Sajian utama lainnya ada kopi hitam khas masyarakat keturunan Tionghoa di tanah Melayu. Jangan lupa mampir kalau ke Bandung, ya, Top Lovers.

Kedai Es Kopi Tak Kie (Jakarta)

Nah, kalau kopi legendaris yang satu ini berada di Ibu Kota tercinta Jakarta. Agak berbeda dengan kedai-kedai legendaris yang telah dijelaskan sebelumnya, menu andalan Kedai Es Kopi Tak Kie adalah es kopi.

Campuran dari es kopi susu Tak Kie merupakan campuran kopi dari jenis kopi terbaik Robusta ataupun Arabika yang berasal dari Lampung, Toraja, hingga Sidikalang. Tak mengherankan, jika hampir setiap hari kedai yang sudah berdiri sejak 1927 tersebut tak pernah sepi pengunjung. Kedai Es Kopi Tak Kie berlokasi di Gang Gloria, Glodok, Jakarta Barat.

Sudah siap mampir ke lima kedai kopi legendaris di atas nih, Top Lovers? Atau kamu punya nama kedai kopi legendaris lain dari asal daerahmu?