Negara-negara dengan Konsumsi Kopi Terbanyak

Kopi memang sudah dikenal sebagai energy boost ketika merasa ngantuk atau lelah. Karena mengandung kafein yang bisa meningkatkan energi, banyak orang meminum kopi di pagi hari sebelum memulai aktivitas. Nah, mungkin alasan-alasan tadi yang membuat orang-orang menyukai kopi. Di beberapa negara berikut ini, jumlah peminum kopinya sangat banyak TOP Lovers! Apa  ya yang bikin angka peminum kopi di negara-negara ini tinggi? Yuk, simak di sini!

  1. Finlandia
    Negara yang berada di Eropa bagian Utara ini tercatat mengonsumi 12 kg kopi per tahunnya. Alasan utama yang menjadikan Finlandia sebagai negara dengan konsumsi kopi terbanyak adalah karena di negara ini meminum delapan sampai sembilan kopi perhari merupakan hal yang wajar. Meminum kopi bagaikan sebuah rutinitas yang harus dilakukan setiap harinya bagi orang-orang Finlandia. Cuaca juga menjadi alasan lain Finlandia menjadi peminum kopi nomor satu di dunia.  Suhu Finlandia yang ekstrim di musim dingin membuat penduduknya memilih kopi panas sebagai penghangat tubuh sedangkan di musim panas masyarakat Finlandia akan meminum kopi dingin untuk menyejukkan suasana.
     
  2. Norwegia
    Norwegia menduduki peringkat kedua peminum kopi terbanyak dengan konsumsi 9,9 kg kopi per tahunnya. Di Norwegia sendiri meminum kopi bagaikan sebuah kewajiban setiap harinya. Kopi dinikmati di pagi hari dan juga sebagai pencuci mulut bersama dengan makanan penutup seperti pastry.
     
  3. Islandia
    Sama seperti Finlandia, cuaca menjadi alasan bagi penduduk negara dengan suhu dingin ini meminum kopi. Pada umumnya saat cuaca dingin para penduduk akan meminum 5 cangkir kopi panas perhari nya untuk menghangatkan badan mereka. Wajar saja Islandia menjadi salah satu peminum kopi terbanyak di dunia dengan konsumsi 9 kg kopi per tahun.
     
  4. Denmark
    Jika di Indonesia nasi menjadi makanan pokok dan harus dikonsumsi setiap hari, di Denmark kopi bagaikan sebuah minuman pokok yang selalu disajikan saat makan. Di saat-saat spesial, kopi juga akan menjadi menu utama yang dilengkapi dengan berbagai kue kering serta sandwich. Dengan kebiasaan yang seperti ini, dalam setahun warga Denmark bisa  mengonsumsi 8,7 kg kopi.
     
  5. Belanda
    Zaman dulu  Belanda merupakan negara Eropa pertama yang berhasil merasakan nikmatnya kopi. Kini negara ini ada di posisi kelima dengan konsumsi 8,4 kg kopi per tahunnya. Di Belanda ada waktu khusus untuk meminum kopi yang disebut dengan Coffe Time. Warga Belanda biasanya melakukan Coffee Time di rumah yang akan dilengkapi dengan kue ringan manis sebagai pelengkap.

Ternyata negara yang penduduknya merupakan peminum kopi terbanyak bukanlah negara yang jadi penghasil kopi terbesar. Budaya dan kebiasaan lah  yang kemudian membuat sebuah negara konsumsi kopinya jadi luar biasa, TOP Lovers. Buktinya, negara  tropis seperti Brazil yang menjadi produsen kopi terbesar ternyata masih kalah dengan negara-negara Eropa lainnya soal jumlah konsumsi kopi per tahunnya.