Mood Lagi Buruk? Ngopi Dulu, Yuk!

Proyek yang sudah disiapkan berbulan-bulan ternyata ditunda sampai tahun depan, kena razia polisi lalu lintas tepat di saat kamu lupa bawa STNK, teman ingkar janji, bos yang lagi sensi, sudah beli tiket konser tapi di hari H kamu malah ngga bisa datang untuk nonton, begitu banyak kejadian yang bisa mengubah mood yang baik jadi berantakan.

Hal-hal yang terjadi diluar harapan atau bayangan memang berpotensi merusak mood. Tapi bersikap panik ngga akan banyak membantu. Mending kamu menyisihkan waktu untuk menenangkan pikiran dan hati deh, biar ngga salah bereaksi. Mending kamu ngopi dulu!

Biar Tetap Happy

Dalam tubuh manusia terdapat hormon yang bernama dopamin. Aktivitas dopamin berpengaruh pada perasaan bahagia, nyaman, dan bersemangat. Itu sebabnya, dopamin bisa menjadi mood-booster yang luar biasa sekaligus pemberi motivasi. Jumlah dopamin meningkat saat seseorang tidur nyenyak, berolahraga, atau... minum kopi. Mengapa? Karena di dalam tubuh, kafein memicu produksi dopamin.

Sakit Kepala Berkurang

Sebelum kepala sakit karena bete, seruput kopi dulu, yuk. Kafein dalam kopi ternyata sangat efektif meredakan rasa sakit kepala, bahkan lebih efektif daripada ibuprofen. Demikian kesimpulan para peneliti dari Diamond Headache Clinic di Chicago. Dalam penelitian ini, 58% orang yang mengkonsumsi kafein pulih sepenuhnya dari rasa sakit kepala lebih cepat setengah jam dibanding mereka yang mengkonsumsi ibuprofen.

Aroma Untuk Relaksasi

Aroma tertentu dapat memicu timbulnya perasaan atau ingatan tertentu, baik ataupun buruk. Menghirup aroma dari secangkir kopi panas dapat membangkitkan perasaan baik dan membawa seseorang pada memori akan pengalaman yang menyenangkan. Sebelum menyeruput kopimu, coba hirup dalam-dalam aromanya. Lalu hembuskan nafas perlahan. Niat membanting barang-barang sambil teriak, 'Ap-pahh??!' pasti langsung hilang :D