Menyeduh Kopi Sendiri, Lebih Nikmat dan Puas!

Kenikmatan secangkir kopi bisa membuat siapapun terlarut. Lebih dari itu, kopi pun mampu menumbuhkan semangat di pagi hari. Setelah bangun pagi, kopi akan membuat badan terasa segar dan bertenaga. Tapi semua itu tak akan begitu berarti tanpa rasa yang pas dan top, iya kan?

Untuk mendapatkan rasa seperti itu ada beberapa trik yang bisa dilakukan. Kamu bisa melakukannya sendiri, cukup mudah kok. Bahkan menyeduh kopi sendiri akan memberikan kepuasan tersendiri, selain rasa yang didapatkan juga lebih nikmat.

Dapatkan tips menikmati kopi dalam artikel Tips-Tips Minum Kopi Agar Lebih Nikmat dan Mantap

Pilih Jenis Kopi yang Tepat

Memilih di sini butuh kejelian yang terkait selera. Kamu yang paling tahu kopi apa yang kamu suka, Top Lovers. Contohnya kamu suka kopi beraroma kuat dengan rasa asam, maka pilihan bisa kamu jatuhkan ke Kopi Toraja. Atau kamu suka kopi bercita rasa pahit, kalau seperti ini kopi Gayo adalah pilihan terbaik. Kendati demikian, kamu bisa mencoba semua kopi Indonesia. Pasalnya varian-varian kopi Indonesia termasuk kopi berkualitas tinggi.

Informasi mengenai kopi-kopi terenak di dunia baca artikel 5 Kopi Terenak Di Dunia, Kopi Indonesia Ternyata Termasuk Di Dalamnya


Jangan Lupa, Teknik Menyeduh!

Kenikmatan dan kesegaran kopi memang dipengaruhi oleh jenis kopi. Namun teknik menyeduh yang tepat juga mampu memberikan pengaruh besar pada rasa yang dihasilkan. Karena itu, penting bagi Top Lovers untuk mengetahui bagaimana cara menyeduh kopi dengan benar.

Menyeduh Kopi Sendiri, Lebih Nikmat dan Puas!

Caranya, sebelum mulai menyeduh kopi, pertama kamu harus mengetahui bahwa membeli kopi dan menyeduhnya sesegera mungkin adalah tindakan yang paling tepat. Hal ini memungkinkanmu memperoleh rasa terbaik dari kopi. Selain itu, pastikan juga bahwa perlengkapan yang akan digunakan memang benar-benar bersih dan tak ada minyak kopi ataupun sisa seduhan kopi sebelumnya.

Tertarik jadi barista, baca artikel 5 Langkah Jitu Jadi Barista Idola


Teknik lain kalau kamu membeli kopi dalam bentuk biji dan ingin meraciknya sendiri adalah, menggunakan alat penggiling kopi atau grinder dengan jenis burr ataupun mill grinder. Keduanya lebih dianjurkan mampu menghasilkan hasil gilingan yang konsisten. 

Hasil gilingan kopi ini biasanya menentukan rasa kopi. Jika biji kopi digiling dengan cara yang terlalu halus, maka rasa pahitnya akan sangat terasa. Sebaliknya jika rasa kopi terlalu datar, semua itu dikarenakan hasil penggilingannya yang kurang halus.

Suhu Air

Menyeduh Kopi Sendiri, Lebih Nikmat dan Puas!

Untuk memperoleh rasa kopi yang berkualitas, suhu air paling ideal untuk menyeduh kopi adalah antara 90 hingga 96 derajat Celcius. Pada suhu ini, kopi akan terekstrak secara optimal. Suhu yang lebih dingin akan menyebabkan rasa kopi terasa datar. Kopi yang dimasak pada suhu yang terlalu panas juga akan menghilangkan kualitas rasa dari kopi tersebut. Hal ini berlaku juga kalau kamu mau menyeduh kopi sachet seperti Top Coffee. Rasa terbaik dari kopi akan terasa setelah 4 menit terjadi kontak antara kopi dengan air panas.

Menjalani hari bersama kopi favorit akan membuatmu lebih semangat menjalani hidup. Apalagi menyeduhnya sendiri sesuai selera dan keinginan, pastinya kopi akan terasa lebih nikmat. Buktikan sendiri, Top Lovers.