Mengisi Waktu Luang? Belajar Tentang Kopi Yuk!

Waktu luang mungkin merupakan momen yang sangat ditunggu. Karena momen ini bisa dimanfaatkan untuk rehat sejenak dari aktivitas padat dengan melakukan berbagai hal yang menyenangkan seperti hang out, baca, nonton, kumpul bareng sabahat dan kerabat, dan lain-lain.

Khusus buat pecinta kopi, perlu ditambahkan lagi satu aktivitas nih buat mengisi waktu luang, yaitu belajar tentang kopi. Selain menyenangkan, belajar tentang kopi ini akan menambah cakrawala dan kecintaanmu terhadap kopi. Yuk mulai!

Mengenal Jenis-jenis Kopi

Mengisi Waktu Luang? Belajar Tentang Kopi Yuk!

Selama ini kita hanya sering mendengar dua tipe kopi, Arabika dan Robusta. Tapi ternyata ada yang lain selain keduanya, yaitu Liberika dan Excelsa.

  • Kopi Liberika
    Kopi Liberika adalah jenis kopi yang dihasilkan oleh tanaman Coffea liberica. Kopi ini disebut-sebut berasal dari tanaman kopi liar di daerah Liberia dan tumbuh di Indonesia secara terbatas. Di Indonesia kopi liberika bisa ditemukan di daerah Jambi dan Bengkulu. Sebagian besar hasil produksi liberika dari tempat tersebut di ekspor ke Malaysia.
  • Kopi Excelsa
    Kopi excelsa ditemukan pertama kali pada tahun 1905 oleh August Chevalier, seorang botanis dan ahli taxonomi asal Perancis. Dia menemukan kopi ini di sekitar aliran Sungai Chari tidak jauh dari Danau Chad di Afrika Barat. Di Indonesia kopi excelsa dibudidayakan secara terbatas di daerah Tajung Jabung Barat, Jambi.

Profesi-profesi dalam Industri Kopi

Ada banyak profesi dalam industri kopi, hal ini memanjang mulai dari petani kopi, roaster, pedagang keliling, hingga perusahaan kopi. Tapi yang sedang hangat diperbincangkan dan menjadi impian banyak orang saat ini adalah Q grader dan barista. Q Grader adalah pencicip dan pemberi peringkat kopi bersertifikat yang mampu menilai kualitas kopi, sedangkan barista adalah ahli meracik kopi yang dengan keterampilannya bisa membuat sajian kopi lebih menarik dan nikmat.

Seni dalam Kopi

Seiring zaman, dunia fotografi berkembang pesat. Berbagai aliran fotografi muncul menyesuaikan dengan fenomena-fenomena yang terjadi dalam hidup manusia, seperti aliran fashion photography, human interest, realism, nature, dan environment. Saat ini satu aliran lagi perlu ditambahkan yaitu coffeetography. Fotografi yang berobjek kopi dengan berbagai angle, mulai dari OOTD, proses produksi, hingga  teknik meracik yang disajikan secara artistik.

Selain coffeetography seni kopi yang lain adalah seni meracik. Tak pelak lagi bahwa seni meracik kopi membutuhkan keterampilan dan ketelitian tinggi. Karena itu, biasanya skill ini dimiliki oleh para barista profesional. Meski begitu, setiap pecinta kopi bisa kok mempelajarinya bahkan secara otodidak. Tak percaya, simak di bawah ini tips-tipsnya:

  • Kenali alat-alat peracik kopi
    Langkah ini mutlak diperlukan. Kalau ingin belajar meracik kopi, alat-alat seperti coffee grinder, syphon, moka pot, brewista, hingga shaker harus kamu mengerti fungsinya. Dengan mengetahui fungsi alat-alat kopi, kamu akan meminimalkan kesalahan dalam peracikan yang bisa merusak rasa kopi.
  • Ketahui karakter-karakter kopi
    Kopi dari berbagai daerah punya karakter khas. Misalnya kopi Sumatera yang memiliki aroma rempah dan cita rasa berat. Hal ini berbeda dengan kopi Toraja yang berkarakter atau Kopi Aceh yang lebih pahit. Mengetahui karakter kopi ini sangat penting karena setiap kopi perlu diracik sesuai dengan karakterknya agar menghasilkan rasa yang sempurna.
  • Join Komunitas
    Berada di dalam komunitas dengan interest yang sama akan membuat pengetahuanmu bertambah. Karena interaksi yang terjalin di komunitas sering kali melibatkan diskusi, tukar pengetahuan, bahkan workshop-workshop yang melatih keterampilan. Di kota besar komunitas pecinta kopi dan peracik kopi ini sudah banyak, dan kamu bisa memilih yang cocok dengan tujuanmu.

Masih banyak sebenarnya pengetahuan tentang kopi yang bisa dieksplorasi. Misalnya tentang penghasil kopi terbaik di Indonesia dan teknik-teknik meracik kopi. Kabar baiknya, www.kopitop.com akan terus meng-update segala pengetahuan tentang kopi. Jadi terus pantau www.kopitop.com ya Top Lovers.