Mengenal Tana Toraja dan 5 Hal Eksotis yang Ada di Dalamnya

Indonesia itu kaya dan eksotis! Hal ini disebabkan setiap wilayah di Indonesia punya keunikan dan keindahan yang khas, baik yang berkaitan dengan alam maupun budaya. Tana Toraja salah satunya. Kekayaan dan eksotisme dari wilayah yang secara administratif bagian dari Sulawesi Selatan ini memang tak ada habisnya. Penasaran apa saja hal eksotis yang ada di Tana Toraja, Top Lovers?  Yuk, kita simak sama-sama berikut ini!

Lolai, “Negeri di Atas Awan”

Mengenal Tana Toraja dan 5 Hal Eksotis yang Ada di Dalamnya

Apa yang kamu rasakan saat bisa melihat hamparan awan sejajar, bahkan berada di bawah kaki kita? Kekaguman bercampur rasa tak percaya! Di Tana Toraja kamu dapat melihat pemandangan ini, tepatnya di Kabupaten Toraja Utara, Sulsel, tepatnya di Kampung Lolai, Kecamatan Kapalapitu.
Di puncak Lolai sebagai titik utama, kamu bisa melihat keindahan alam Tana Toraja, lengkap bersama hamparan sawah dan rumah adat Tongkonan berjajar diselimuti kabut.

Batutumonga

Mengenal Tana Toraja dan 5 Hal Eksotis yang Ada di Dalamnya

Selain keindahan gunung Sesean, daya tarik Batutumonga adalah sejarah dan budaya. Di daerah ini berjejer makam-makam tua, yang paling menarik adalah Bori Parinding, sebuah kompleks pemakaman tua yang mulai dipakai pada tahun 1717. Ada juga situs purbakala menhir berukuran raksasa, Tongkonan yang berjejer di kanan kiri, dan pohon tarra—pohon yang dijadikan makam bayi yang meninggal. Keindahan alam bercampur sisi magis, eksotisme Batutumonga yang tak ada duanya.

Kerajinan Tenun Toraja

Mengenal Tana Toraja dan 5 Hal Eksotis yang Ada di Dalamnya

Tenun Toraja termasuk barang langka karena keberadaan pengrajinnya yang mulai berkurang. Motof-motifnya menarik, biasanya diisi aksen alam sekitar, kerbau, rumah adat, bahkan polos sama sekali dengan proses alami pembuatannya, adalah beberapa faktor mengapa Tenun Toraja bernilai tinggi. Tenun ini termasuk favorit wisatawan sebagai cindera mata. Pusat sentra pembuatan Tenun Toraja ada di Sa’dan Malimbong dan Desa Galugu.

Kete Kesu

Mengenal Tana Toraja dan 5 Hal Eksotis yang Ada di Dalamnya

Selanjutnya ada Kete Kesu. Kete Kesu adalah salah satu desa tradisional di area pegunungan dan merupakan desa tertua di distrik Sanggalangi. Konon, Kete Kesu tidak berubah sejak 400 tahun lalu. Tempat ini juga dinobatkan sebagai salah satu lokasi paling lengkap untuk menyaksikan rumah-rumah tradisional, lumbung padi, tempat pemakaman, persawahan, dan tentu saja padang rumput yang digunakan untuk menggembalakan kerbau.

Kopi Toraja

Mengenal Tana Toraja dan 5 Hal Eksotis yang Ada di Dalamnya

Keempat eksotisme Tana Toraja di atas terkait keindahan alam dan budaya. Tapi yang satu ini berkaitang dengan cita rasa. Ya, Kopi Toraja yang sangat terkenal dengan rasanya yang unik: beraroma rempah dengan kadar keasaman cukup tinggi dan tekstur yang kental. Karena keunikan ini, Tana Toraja dianggap sebagai wilayah penghasil kopi Arabika terbaik di dunia. Predikat yang tentu saja membanggakan Indonesia, sebab berarti Kopi Toraja termasuk Kopinya Orang Indonesia. Apalagi cita rasa Kopi Toraja saat ini sudah bisa dinikmati dalam kemasan sachet dengan adanya Top Coffee Toraja.

Nah itu dia kelima eksotisme Tana Toraja. Sudah siap berangkat ke sana atau mau menikmati kopinya dulu, Top Lovers?