Mengenal Sosok-sosok 'Pahlawan Kopi' Indonesia yang Inspiratif

Kopi di Indonesia berkembang pesat dalam beberapa tahun terakhir. Budi daya, pengembangan hingga pengenalan kopi secara luas bagi para pecinta kopi ini tentu tidak bisa lepas dari jasa berbagai pihak. Tapi sering kali, sosok-sosok berjasa ini hanya dibahas selintas saja, bahkan terlupakan sama sekali.

Siapa saja sosok-sosok tersebut, Top Lovers? Mari kita simak bersama-sama:

Petani-petani Kopi

Tanpa mengecilkan jasa para pengusaha kopi dan tokoh visioner yang mengenalkan kopi Indonesia ke dunia internasional, jasa para petani kopi tak bisa dilewatkan. Karena teknik pemetikan buah kopi dari para petani kopi Indonesia untuk memetik kopi yang sudah matang dan berwarna merah (red cherry) daripada memetik kopi yang masih hijau (green coffee), ternyata ikut menentukan rasa kopi. Buah kopi seperti inilah yang membuat kopi Indonesia penuh cita rasa dan wangi saat diseduh.

Selain itu, petani kopi Indonesia pun mulai berprestasi di kancah Internasional. Buktinya, seorang petani kopi asal Gunung Puntang, kabupaten Bandung, bernama Ayi Sutedja, berhasil menjadi juara dalam Specialty Coffee Association of America Expo di Atlanta, Amerika Serikat, 14-17 April 2016 lalu. Prestasi ini, selain membuat harum nama kopi Indonesia di kancah internasional, tentunya akan menginspirasi petani-petani kopi lain untuk menghasilkan kopi berkualitas.

Para petani Indonesia, sejak zaman Belanda hingga saat ini merupakan tulang punggung industri kopi. Tidak hanya itu, petani kopi Indonesia pun ternyata berkontribusi dalam mengharumkan nama bangsa.
Para petani Indonesia, sejak zaman Belanda hingga saat ini merupakan tulang punggung industri kopi. Tidak hanya itu, petani kopi Indonesia pun ternyata berkontribusi dalam mengharumkan nama bangsa.

Sumber gambar: cumakita.com

Pedagang Kopi Keliling

Tak banyak juga yang membahas sosok ini. Padahal mereka bisa dianggap yang paling dekat dengan para penikmat kopi. Iya kan, Top Lovers? Mereka berkeliling, mencari nafkah tanpa peduli panas terik ataupun hujan untuk menjajakan kopi sekaligus jasa penyeduhannya. Selain itu, mereka pun berjasa dalam penyebaran kopi sehingga  dapat menyentuh masyarakat yang lebih luas.

Meski terkesan sebagai profesi informal, banyak cerita inspiratif tentang pedagang kopi keliling yang mendapat penghasilan lebih dari cukup dan mampu menafkahi keluarganya. Omzet mereka terbilang besar hingga di atas 300.000-500.000 Rupiah perharinya. Keberadaan pedagang kopi keliling cukup mudah kita temukan di pusat keramaian di kota besar Indonesia seperti Jakarta, Yogyakarta, Medan dan Surabaya atau di destinasi-destinasi wisata seluruh Indonesia.   


Mereka sering terlupakan, padahal karena merekalah juga kita bisa menikmati kopi yang nikmat semacam Top Coffee.

Q Grader Certified

Profesi ini mungkin belum begitu akrab ditelinga kita dibandingkan barista coffee ataupun coffee entrepreneur? Secara sederhana Q Grader adalah pencicip dan pemberi peringkat kopi bersertifikat yang mampu menilai kualitas kopi. Mereka jarang disebut karena sering berada di belakang layar, mengikuti pameran-pameran kopi internasional yang membuat kopi Indonesia semakin dikenal dan industri kopi di Indonesia kian menggeliat. Nama-nama terkenal Q Grader Indonesia antara lain Adi Taroepratjeka, Hendri Kurniawan dan Mira Yudhawati.

Mungkin tanpa mereka, para Q Grader, kopi Indonesia tak akan dikenal di dunia internasional.
Mungkin tanpa mereka,
para Q Grader, kopi Indonesia tak akan dikenal di dunia internasional.

Sumber gambar: www.bettrbarista.com

Barista Coffee

Barista kopi atau ahli peracik kopi pun tak bisa dilewatkan. Di industri kopi Indonesia mereka biasanya mereka jadi tulang punggung di kafe-kafe dan tempat-tempat ngopi untuk meracik kopi sesuai selera konsumen. Bahkan untuk yang sudah masuk kualifikasi specialist, barista kopi sering jadi konsultan bagi para konsumen baru yang ingin menikmati kopi. Dengan senang hati para barista ini mengajak ngobrol pecinta kopi, memberikan tips menikmati kopi, menginformasikan jenis-jenis kopi berkualitas, hingga seberapa takaran kopi yang pas, aman, dan nikmat dikonsumsi.

Dengan pengetahuan yang dimilikinya, para barista kopi sering menjadi konsultan bagi para penikmat kopi.
Dengan pengetahuan yang dimilikinya, para barista kopi sering menjadi konsultan bagi para penikmat kopi.

Nah itu dia sosok-sosok pahlawan kopi inspiratif yang sering terlupakan dalam dunia kopi Indonesia. Mungkin kamu punya sosok-sosok coffee heroes lain versimu sendiri, Top Lovers?