Mengenal 3 Fakta Menarik dari Kopi Robusta

Robusta, berasal dari kata “robust” yang artinya kuat. Sesuai dengan gambaran postur (body) atau tingkat kekentalan yang kuat. Kopi Robusta menarik dunia internasional karena ditanam di daerah tropis yang basah dengan budidaya yang intensif dan memiliki citarasa yang luar biasa. Mendengar namanya saja sudah bikin melek, apalagi mencicipi kopi robusta dengan 3 fakta menariknya berikut ini!

5 Kali Lebih Banyak Dibanding Arabika

Dari sisi komposisi, kopi Robusta mencapai hampir 83% dari total produksi kopi Indonesia, sedangkan 17% sisanya adalah Arabika. Ini berarti kopi ini jumlahnya 5 kali lebih banyak. Menariknya, pada tahun 2012, 70% dari total produksi biji kopi Indonesia diekspor ke Jepang, Afrika Selatan, Eropa Barat, dan Amerika Serikat. Hampir semua kopi dari seluruh Indonesia disukai oleh pecinta kopi di dunia, termasuk kopi robusta Indonesia.

Aroma yang Unik Nan Mantap

Mengenal 3 Fakta Menarik dari Kopi Robusta

Keunikan rasa kopi Robusta lebih menyerupai coklat dengan bau yang terkesan manis. Meski teksturnya kasar, tapi rasanya lebih moderat dalam arti tidak terlalu pahit juga tak terlalu asam. Robusta bahkan dapat tumbuh pada daratan rendah yaitu sekitar 700 meter di atas permukaan laut (MDPL) dengan jumlah biji kopi yang dihasilkan lebih banyak dibanding Arabika.

Robusta Lebih Mudah Ditanam

Mengenal 3 Fakta Menarik dari Kopi Robusta

Kopi Robusta sangat cocok ditanam di daerah tropis yang basah. Dengan budidaya yang intensif, kopi jenis ini akan mulai berbuah pada umur 2,5 tahun. Pertumbuhan robusta biasanya diawali dengan tumbuhnya bunga pada ketiak cabang primer. Pada setiap ketiak tersebut terdapat 3-4 kelompok bunga yang mekar pada musim kemarau. Berbeda dengan Arabika, bunga Robusta ini melakukan penyerbukan silang secara alami. Tuh ‘kan, bisa dilihat bersama bagaimana mudahnya produksi kopi Robusta di tanah Indonesia. Wajarlah jika produksi kopi Robusta lebih mudah dilakukan sehingga kita bisa menikmati kopi kapan saja di mana saja di Indonesia.


Ingin tahu keunikan kopi Arabika, baca Fakta  Menarik Tentang Kopi Arabika

Melihat 3 fakta menarik tentang kopi Robusta,  tidaklah mengherankan  yang terbayang adalah cita rasa yang mantap. Namun, jangan lupakan perjuangan para petani dan pihak berjasa lainnya yang berkontribusi dalam membuat kopi di Indonesia juga ya. Bagaimana sudah siap ngopihari ini, Top Lovers?