Mencari Tahu Kandungan Kafein Pada Kopi

Kalau berbicara soal kafein pasti yang akan langsung  terbayang di otak sebagian besar adalah kopi. Kadar kafein yang ada pada kopi memang sering dimanfaatkan sebagai energy charger, tapi sebenarnya kopi apakah yang mengandung paling banyak kafein? Apakah dari awal kopi sudah mengandung kafein dalam jumlah yang tinggi? Atau tingkat kafein pada kopi sebenarnya dipengaruhi oleh proses pembuatannya? Nah, berikut adalah penjelasannya TOP Lovers!

Kafein yang ada pada kopi pada dasarnya sudah ada sejak kopi masih berbentuk tumbuhan. Kafein ini bermanfaat untuk melindungi buah kopi dari serangga dan jamur. Robusta merupakan jenis kopi yang memiliki kafein terbanyak, yaitu dua kali lipat dibandingkan kandungan kafein yang ada pada jenis arabika.

Kadar kafein pada kopi juga dapat dipengaruhi oleh proses roasting biji kopi. Roasting dengan suhu dan waktu tertentu dapat menambah atau mengurangi kadar kafein pada kopi serta menciptakan senyawa baru yang mengubah warna, aroma, dan rasa dari biji kopi. Kopi yang disangrai dengan waktu yang lama, sehingga membuat biji kopi  berwarna yang gelap, disebut dark roast. Waktu yang lama dan suhu yang panas pada proses roasting yang satu ini membuat kandungan kafein yang ada pada biji kopi akan berkurang. Sedangkan kopi dengan waktu sangrai yang sebentar atau disebut juga light roast, tidak akan menghilangkan terlalu banyak kadar kafein pada biji kopi.

Selain faktor di atas, faktor lain yang mempengaruhi kadar kafein pada kopi adalah proses penggilingan. Kopi yang digiling lebih halus akan mengandung lebih banyak kafein dibandingkan dengan bubuk kopi yang coarse atau kasar. Kemudian penyeduhan dan penyajian kopi juga berpengaruh dalam jumlah kandungan kafein. Kopi yang di seduh dengan bubuk kopi yang banyak, tentunya akan meningkatkan kadar kafein pada segelas kopi, begitu pula sebaliknya.

Nah, kira-kira TOP Lovers lebih memilih yang mana nih? Kopi dengan kadar kafein yang banyak sebagai energy booster atau kopi dengan kadar kafein sewajarnya namun dengan rasa dan aroma yang nikmat?