Mempelajari Latte art, Seni di atas Kopi untuk Si Pemula

Siapa sih, yang nggak tahu latte art? Seni pada secangkir latte ini pasti sudah sering TOP Lovers dengar. Namun untuk menghasilkan latte art ternyata tidak mudah TOP Lovers. Bahkan para barista saja masih ada yang kewalahan saat harus membuat latte art. Eits.. tapi jangan berkecil hati dulu. Meskipun kamu bukan barista, kamu juga bisa kok belajar membuat latte art sendiri. Yuk, belajar gimana caranya membuat latte art yang sedap dilihat dan tentunya diminum.

Menentukan susu yang tepat

Nah, ini adalah proses paling penting, TOP Lovers, karena susu adalah komponen terpenting dalam pembuatan latte art. Pertama, susu yang digunakan harus susu segar atau susu pasteurisasi, untuk menghasilkan rasa yang enak dan creamy. Kedua, susu harus dijadikan milk foam yang bersuhu 55-65 °C.

Nah, proses pembentukan milk foam ini disebut dengan frothing.  Untuk frothing juga nggak boleh sembarangan, kamu harus menggunakan steamer wand yang ada pada mesin espresso. Selain itu kamu juga harus menggunakan milk jug. Susu diletakkan pada milk jug, kemudian dipanaskan dengan steam ward. Yang terpenting susu yang dihasilkan haruslah 3S: Silky, Smooth, dan Sweet.

Mulai bersiap untuk menghasilkan kreasi latte art

 

Kalau milk foam dan espresso sudah tersedia, berarti kamu bisa langsung terjun ke bagian serunya: membuat latte art! Pertama, TOP Lovers harus menguasai dulu, cara memegang milk jug yang tepat. Saat memegang milk jug, kamu diharuskan memosisikan tangan kamu supaya milk jug tidak jatuh dan susu yang dituangkan ke espresso juga pas.

Kedua, untuk menuang susu dari milk jug, posisi cangkir atau gelas harus dimiringkan ke arah milk jug sekitar 60 derajat atau sesuai dengan ukuran gelas yang TOP Lovers pakai. Posisi miring ini berguna supaya media kamu berkreasi alias espresso, akan terlihat lebih luas sehingga memudahkan kamu untuk membentuk susu sesuai keinginan.

Ketiga, atur posisi milk jug sehingga membentuk sudut siku-siku 90 derajat dengan cangkir atau gelas espresso. Dengan posisi ini kamu akan lebih gampang menghasilkan latte art yang simetris. Untuk menuang susu atau milk foam dianjurkan memulai dari tengah dengan gerakan memutar. Setelah cangkir sudah sedikit penuh, cangkir yang di posisikan miring tadi kamu luruskan. Kemudian dibentuk sesuai dengan pattern yang di inginkan. Untuk pattern yang paling basic ada dua jenis nih, TOP Lovers: pattern Love yang berbentuk hati dan pattern Rosetta beruapa garis ber-layer yang membentuk bunga.

Nah, itu tadi beberapa step yang perlu kamu ketahui untuk menghasilkan latte art. Bagaimana TOP Lovers, kira-kira kamu sudah siap untuk berkreasi membuat latte art yang enak dilihat dan diminum? Memang membuat latte art  untuk pertama kalinya tidaklah mudah, tapi ingatlah kalau practice makes you perfect! Jadi jangan menyerah dan terus mencoba, ya!