Masalah Pencernaan Bikin Nggak Bisa Minum Kopi? Ini Solusinya!

Kopi memang salah satu minuman favorit banyak orang. Meski sebenarnya punya banyak manfaat baik, namun tak selamanya kopi ramah untuk diminum semua orang. Misalnya saja untuk mereka yang punya masalah pencernaan, minum kopi tak bisa sembarangan. Salah satu alasannya adalah karena kandungan asam dan kafein yang tinggi pada kopi. Nah, kalau kamu termasuk orang yang pencernaannya bermasalah tapi tetap ingin minum kopi, ini tips mudah yang bisa kamu lakukan agar kamu bisa menikmati kopi dengan nyaman.

Minumlah Kopi Kurang dari 3 Gelas dalam Sehari

 

Demi mencegah datangnya efek samping dari kopi, ada baiknya kamu membatasi konsumsi kopi. Minumlah kopi tak lebih dari 3 gelas sehari. Kenapa kurang dari 3 gelas? Anjuran ini ada berdasarkan hasil penelitian yang menyebutkan bahwa batas aman untuk konsumsi kafein adalah sekitar 300 – 400 miligram dalam sehari. Sementara dalam segelas kopi kafein bisa mencapai 100 miligram. Karena alasan inilah sebaiknya kamu yang punya masalah pencernaan tidak mengonsumsi kopi lebih dari 3 gelas sehari.

Pilihlah Kopi yang Tidak Membuat Perutmu Cranky

 

Untuk kamu yang punya masalah pencernaan, taka da salahnya memilih jenis kopi yang akan kamu minum. Beberapa jenis kopi punya kandungan kafein yang cukup tinggi sehingga kurang cocok diminum oleh orang yang punya masalah pencernaan. Salah satu kopi yang bisa kamu nikmati tanpa bikin perutmu cranky misalnya TOP White Coffee yang punya kadar kafein rendah serta aman di lambung!

Pilihlah Kopi Dingin

 

Hal ini dianjurkan oleh dokter spesialis penyakit dalam Annisa Maloveny. Menurutnya, bagi kopi dingin lebih baik bagi penderita gangguan pencernaan karena zat yang menyebabkan asam lambung berkurang. Kopi dingin mempunyai asam yang lebih rendah dibandingkan kopi panas. Es batu dalam kopi dingin akan mengencerkan konsentrat kopi sehingga lebih ramah di perut.

Nah, tiga cara tadi bisa kamu coba kalau kamu pecinta kopi yang memiliki masalah dengan pencernaan. Dengan tips-tips di atas, perutmu tak akan terganggu dan kamu tetap bisa menikmati kopi favoritmu!