Mari Mencari Tahu Tingkat Sensitivitas Kamu Terhadap Kopi

Tingkat sensitivitas setiap orang pada kopi atau kafein, pastinya berbeda-beda satu sama lainnya. Hal ini terjadi karena tubuh manusia memiliki reaksi yang berbeda ketika “terkena” kafein. Ada yang bisa meminum kopi dan tak merasakan apa-apa, ada juga yang sehabis minum kopi perutnya langsung bergolak. Nah, untuk tahu lebih lanjut tentang kadar sensitivitas manusia terhadap kafein kopi, simak penjelasan ini yuk.

TOP Lovers pernah meminum kopi yang sama dengan temanmu, lalu di malam hari kamu kesusahan untuk tidur sedangkan temanmu tidur dengan nyenyak. Kejadian seperti ini membuktikan bahwa tingkat sensitivitas manusia terhadap kopi atau lebih tepatnya kafein berbeda satu sama lainnya. Pada dasarnya kalau kamu ingin mengetahui tingkat sensitivitas kamu terhadap kopi, ada baiknya kamu mengetahui seberapa banyak kafein yang ada pada kopi yang kamu minum. Kadar kafein pada kopi itu berbeda-beda, tergantung pada proses roasting, jenis biji kopi yang digunakan, dan jenis varian minuman kopi yang dikonsumsi.

Tingkat sensitivitas manusia terhadap kafein dibagi dalam tiga level:

  • Hypersensitive to caffeine, di mana jika kamu meminum kopi atau terkena kafein yang jumlah kurang dari 100 mg, kamu akan mengalami susah tidur, detak jantung meningkat, dan meningkatkan anxiety.
  • Normal sensitivity to caffeine, pada level ini toleransi kafein 200-400 mg atau masih dalam keadaan wajar. Kamu tidak mengalami susah tidur dan berbagai efek samping lain dari kafein setelah mengonsumsi kopi.
  • Hyposensitive to caffeine, jika berada di level ini bisa dibilang kamu tidak akan mengalami efek apapun ketika meminum kopi atau mengkonsumsi kafein. Jika ingin mendapatkan efek dari kafein seperti penambah energi, kamu harus mengkonsumsi kafein dalam jumlah yang lebih banyak.

Nah, jika kamu memiliki tingkat sensitivitas yang tinggi terhadap kopi, ada baiknya lebih berhati-hati untuk meminum kopi atau kafein lainnya. Karena untuk kamu yang terlalu sensitive terhadap kopi, biasanya efek samping seperti perasaan gelisah, cemas, mudah emosi, sakit perut, detak jantung dan tekanan darah tinggi bisa muncul setelah kamu meminum kopi. Jadi ada baiknya, kamu mengontrol konsumsi  kopimu, ya!