Kopimu Gak Enak? Mungkin Ini 3 Penyebabnya

Saat mulai bosan dengan rasa kopi yang kamu beli, kamu mungkin tertarik untuk membuat kopi sendiri. Sayangnya walau sudah membeli kopi dan alat pembuat kopi yang tidak murah, namun entah kenapa masih saja kopi yang kamu buat rasanya kurang sedap. Gimana ya, biar kopi buatanmu sendiri rasanya bisa seenak kopi yang ada di kafe-kafe? Coba cek poin-poin di bawah, mungkin kamu melakukan kesalahan-kesalahan ini sehingga kopimu jadi tak enak.

Rasio yang salah

Rasio atau perbandingan dalam membuat kopi salah satu hal yang paling penting untuk menghasilkan kopi enak ala barista handal. Dalam pembuatan kopi ada istilah Golden Ratio, yaitu sendok makan kopi bubuk dicampur dengan kurang lebih 177 ml air.

Air Terlalu Panas

Masalah suhu air sering kali diabaikan saat membuat kopi. Banyak yang beranggapan bahwa kopi yang diseduh dengan air yang mendidih akan menjadi lebih nikmat, padahal pemikiran ini kurang tepat. Suhu ideal air untuk menyeduh kopi tidak boleh lebih dari 95 derajat Celcius. Menggunakan termometer sangat dianjurkan saat menyeduh kopi untuk mengetahui suhu yang presisi.

Peralatan Kotor

Peralatan seperti coffee maker, saringan atau filter yang masih memiliki bekas sisa-sisa kopi sebelumnya akan mempengaruhi rasa kopi yang akan kamu buat. Jadi, jangan lupa untuk selalu membersihkan peralatan pembuat kopi kamu sebersih mungkin sebelum mulai membuat kopi baru.

 

Bagaimana Top Lovers, apakah kesalahan-kesalahan di atas pernah kamu lakukan sehingga menghasilkan kopi yang kurang nikmat? Kalau iya, ayo perbaiki kesalahanmu. Siapa tau dengan ilmu baru ini kamu menjadi pembuat kopi yang andal.