Kopi Sebagai Pewarna Rambut Alami

Bosan dengan warna hitam rambutmu? Mungkin ini pertanda kamu perlu memberi rambutmu warna baru. Mengubah warna rambut dapat dilakukan dengan beberapa cara. Bisa dengan pewarna sintetis bisa juga dengan pewarna alami. Kopi adalah salah satu pewarna rambut alami yang sangat aman untuk dicoba terutama buat kamu yang ragu dengan bahan pewarna kimia.

Cokelat tua atau cokelat gelap adalah warna yang akan kamu dapatkan jika kamu mewarnai rambut dengan kopi. Untuk rambut yang warna aslinya bukan hitam pekat, mewarnai dengan kopi bisa memberi hasil akhir berupa warna cokelat keemasan nyaris pirang. 

Tertarik mengubah penampilan menggunakan kopi? Berikut caranya:

Siapkan

Racikan pewarna dengan cara mencampur 1 cangkir seduhan kopi hitam murni yang cukup kental dengan 2 cangkir conditioner. Tambahkan 2 sdm kopi bubuk ke dalam campuran, lalu aduk rata.

Balurkan

Pewarna pada rambut dengan tangan, dimulai dari akar sampai ke ujung rambut. Untuk memastikan setiap bagian sudah dilumuri pewarna, terlebih dulu bagi rambut menjadi 4 bagian. Tahan 3 bagian lain dengan jepit sewaktu kamu mewarnai salah satu bagian. Setelah keempat bagian dilumuri, balurkan sisa racikan ke seluruh rambut dan gosok seolah kamu sedang keramas.

Tutup

Rambut dengan shower cap dan biarkan selama kurang lebih satu jam. Kemudian bilas rambut dengan air dingin sampai air bilasan kelihatan jernih.

Keringkan

Rambut dengan menggunakan handuk atau pengering. Jangan mengeramas rambut sampai paling tidak 3 hari ke depan untuk memberi waktu untuk cairan pewarna menembus kutikula rambut.

Ulangi

Proses ini jika kamu masih merasa warna rambut belum sesuai dengan harapan. Perlu diingat, hasil akhir pada setiap orang berbeda-beda tergantung warna asli dan karakter rambut.