Kopi-kopi "Recommended" yang Harus Kamu Nikmati Sambil Traveling

Traveling sangat asyik. Apalagi Indonesia memiliki alam yang indah dengan kekayaan budaya yang juga melimpah. Tapi apa iya sih, kalau traveling sambil menikmati kopi itu lebih top? Sebab faktanya berbagai produsen kopi terbaik di dunia, termasuk di Indonesia merupakan destinasi wisata favorit. Jadi, sah kiranya kalau menikmati kopi paling top atau “recommended” berikut ini

Jangan lupa Kopi Toraja kalau nge-trip ke sulawesi

Kalau kebetulan traveling ke Sulawesi Selatan, jangan lupa mampir ke Tana Toraja. Soalnya, alam Toraja sangat indah dengan adanya negeri di atas awan di Kampung Lolai. Kamu bisa menikmati hamparan awan dengan lanskap dataran di bawahnya. Budaya Toraja pun nggak kalah bagus. Rumah tradisional tongkonan dan upacara pemakaman Rambu Solo bakal membuatmu makin betah di sini karena keunikannya.

Dan pastinya, keberadaan kopi Toraja di sana bisa jadi membuat acara travelingmu makin seru. Coba bayangkan misalnya, ngopi Toraja yang terkenal sangat enak sambil menikmati keindahan alam khas Toraja. Hmmmmm, ngga sabar pengen berangkat, Top Lovers?

Kopi Kintamani, satu hal yang nggak boleh terlupa di Bali

Bali, Bali, Bali, kata-kata mungkin nggak akan cukup buat menggambarkan keindahan pulau ini. Hamparan pantai, wisata budaya, dan keramahan masyarakat, membuat Bali menjadi salah satu destinasi wisata favorit di Indonesia, bahkan dunia. Sampai-sampai ada anekdot yang mengatakan kalau Bali lebih terkenal dari Indonesia itu sendiri.

Nah, kurang afdol rasanya kalau kamu lagi jalan-jalan ke pulau Dewata tanpa menikmati kopi khas Bali yang nggak kalah mendunia, yaitu kopi Kintamani yang terkenal dengan cita rasa buah-buahan. Segar dan lembut dengan kadar keasaman yang medium. Dan alaminya kopi ini tak perlu diragukan lagi sebab ditanam secara ‘tumpang sari’, tanpa pupuk kimia. Yuk, ke Bali sambil menikmati kopi Kintamani, pasti lebih top kan kalau diminum sambil mantai saat sunset, Top Lovers!

Nge-Trip ke Flores, lebih afdol sambil ngopi Bajawa

Salah satu daerah yang berada di Indonesia Timur ini cocok buat kamu yang hobi nge-trip. Lanskap alam yang cukup menantang dengan bukit-bukitnya, hingga hamparan luas savanna, tentu cukup menantang untuk ditaklukkan. Belum lagi adanya Kampung Bena di atas bukit, tentu akan membuat trip mu makin top karena keunikan arsitektur dan masyarakatnya yang masih menjalankan budaya asli.

Nah, masalah kopi, Flores nggak kalah juga dibanding yang lain sebab punya kopi Bajawa Kopi yang terkenal dengan aroma bunganya (floral). Kopi ini dihasilkan dari dataran tinggi Ngada, Kabupaten Ngada, tak jauh dari Kampung Bena. Wah bisa sekalian ngopi Bajawa tuh sambil berkunjung di kampung adat tertua di Flores tersebut, Top Lovers.

Selain ketiga kopi ‘recommended’ di atas, kopi Wamena (Papua), kopi Priangan (Jawa Barat), kopi Gayo (Aceh), dan kopi Mandailing (Sumatera Utara), juga patut kamu coba saat traveling ke daerah-daerah tersebut. Selamat ngopi  di tempat traveling, Top Lovers.