Kopi Kawa Daun, Keunikan Tradisi Ngopi Masyarakat Minang

Kekayaan tradisi Indonesia seakan tak ada habisnya. Membentang dari Sabang sampai Merauke, berbentuk artefak budaya berupa tarian, rumah adat, festival dan perayaan budaya, kuliner hingga minuman khas tiap daerah.

Di Ranah Minang salah satu contohnya. Daerah dengan budaya asli Minangkabau ini ternyata tak hanya terkenal dengan masakan padang, rumah gadang, atau tari piringnya. Lebih dari itu, masyarakat Minangkabau punya sajian kopi dan tradisi ngopi yang unik. Apakah itu?

Kopi Kawa Daun namanya.
kopi-kawa-daun-keunikan-tradisi-ngopi-masyarakat-minang-1
Kopi Kawa Daun sangat populer di Sumatera Barat. Dibanding jenis minuman kopi dari daerah-daerah lain di Indonesia, kopi ini memang sangat berbeda, Top Lovers. Pasalnya, seduhan kopi bukan berasal dari biji kopinya, tapi dari daun kopi yang telah diasap (di-sangai) terlebih dulu.

Unik bukan? Tentang rasanya, Kopi Kawa Daun memberi cita rasa khas, yaitu wangi rempah dan agak sepat seperti seduhan teh yang kental. Bagi yang kurang terbiasa dengan rasa sepat ini, bisa menambahkan gula, krim, ataupun susu. Untuk sensasi yang lebih nikmat, nikmati kopi kawa daun selagi hangat.
kopi-kawa-daun-keunikan-tradisi-ngopi-masyarakat-minang-2

Sejak masa penjajahan

Berkembangnya tradisi kopi kawa daun di dalam masyarakat Minang tak datang dengan sendirinya. Tapi melalui proses yang panjang sejak masa penjajahan. Awalnya minuman ini adalah “strategi protes halus” orang minang kepada pemerintah kolonial Belanda yang menjual semua hasil kopi untuk ekspor, tanpa menyisakan jatah untuk kaum pribumi.
kopi-kawa-daun-keunikan-tradisi-ngopi-masyarakat-minang-3

Di satu sisi, hasrat masyarakat untuk minum kopi sangat tinggi karena tanaman kopi sudah sejak dulu ditanam di pekarangan-pekarangan rumah dan jadi minuman sehari-hari. Maka di tengah keterbatasan itu, penduduk nmengambil daun dan mengolahnya menjadi minuman yang diminum menggunakan batok kelapa.

Selain sebagai tradisi unik masyarakat, kopi kawa daun juga ternyata berkhasiat bagi kesehatan, yaitu dapat menurunkan darah tinggi dan melancarkan sistem pernapasan. Jadi kamu tertarik mencoba, Top Lovers?