Kompleksitas Di Balik Aroma Kopi yang Nikmat

Kalau kamu pecinta kopi, tentunya aroma kopi, apalagi kopi yang baru diseduh air panas, sangatlah wangi dan khas. Karena wanginya yang khas dan disukai banyak orang, wangi kopi juga sering dijadikan parfum, pewangi ruangan, dan dimanfaatka sebagai penetralisir bau tak sedap. Tapi apakah kamu tahu darimana asalnya wangi nikmat kopi yang sering kamu hirup ini berasal? Yuk, cari tahu penjelasannya berikut ini.

Aroma kopi muncul karena ada reaksi dan senyawa tertentu di dalam kopi. Wangi kopi yang biasa kita hirup, pada umumnya terjadi karena proses coffee-roasting.  Reaksi yang terjadi pada proses coffee-roasting  akan menghasilkan sebuah senyawa mudah menguap yang terbentuk dari gula dan protein. Reaksi kimia ini berlangsung dalam dinding tebal sel biji kopi.

Pada hasil akhir dari proses coffee roasting, kurang lebih sebanyak 800 senyawa yang ada pada kopi, akan membentuk 20 senyawa utama yang dapat mempengaruhi berbagai senyawa-senyawa minor lainnya sehingga tercipta rasa dan aroma kopi yang khas. Nah, ternyata nih, TOP Lovers, aroma yang keluar dari kopi sangat mempengaruhi rasa lho. Jika kopi yang kamu minum tidak memiliki bau khas, biasanya kopi hanya akan terasa asam atau pahit saja, tanpa ada rasa khas kopi.

Begitulah TOP Lovers, sedikit penjelasan singkat mengenai aroma yang biasanya tercium dari secangkir kopi favoritmu.