Khasiat Kopi Untuk Kesehatan Jiwa

Dengan kandungan kafein yang tinggi, kopi kerap dianggap sebagai minuman yang berefek negatif pada kesehatan. Namun, tentu saja, anggapan ini tidak benar. Efek negatif kopi biasanya diakibatkan oleh konsumsi kopi yang berlebihan. Sebaliknya, jika konsumsi kopi dalam batas yang wajar, kopi memiliki khasiat untuk kesehatan. Jika pada pembahasan sebelumnya, difokuskan pada kesehatan tubuh, kali ini TOP Coffee akan membahas khasiat kopi untuk meningkatkan mood dan energi.

Melawan depresi

Penelitian dari Harvard School of Public Health membuktikan orang yang minum kopi di pagi hari memiliki level 20 persen lebih rendah dalam kecenderungan depresi ketimbang mereka yang tidak mengkonsumsinya. Hal ini dimungkinkan karena kandungan kafein dan antioksidan dalam kopi merangsang saraf pusat yang mampu meningkatkan energi dan mood sehingga meminimalisir depresi. 

Menghindari stres dan putus asa

Menurut penelitian di Swiss, orang yang tidak/jarang minum kopi, cenderung lebih mudah stres akibat tekanan darah tinggi. Sebaliknya, mereka yang minum kopi secara teratur, cenderung tidak terpengaruh oleh stres akibat tekanan darah. Hal ini disebabkan oleh aroma kopi yang berperan dalam mengurangi stress memicu aktivitas gen untuk melindungi sel-sel saraf. 

Pemicu rasa bahagia

Menurut Laura Juliano, PhD, dari American University, kopi memberi efek bahagia dan percaya diri. Efek ini disebabkan karena kopi dapat memicu produksi hormon kebahagiaan seperti dopamin dan serotonin.

Untuk menikmati manfaat kopi secara maksimal, perhatikan takaran yang benar. Dosis minum kopi yang aman per hari yaitu antara 1 hingga 3 cangkir kopi. Sebaiknya jangan minum sekaligus bercangkir-cangkir melainkan bagi menjadi beberapa waktu minum. Bagi kamu yang menyukai kopi yang - lebih ringan -, TOP Coffee White Coffee adalah pilihan tepat. Krimer lembut dan kandungan kafein yang lebih ringan, membuat kamu tetap segar saat beraktivitas tanpa khawatir gangguan asam lambung.