Kenalan Sama Affogato, Yuk!

Siapa yang tidak mengenal espresso? Si hitam kental asal Italia ini sering dijadikan main ingredient untuk berbagai jenis menu kopi nikmat lainnya seperti cappuccino, macchiato, caffe late, caffe americano, dan con panna.

Ini dikarenakan espresso memiliki tingkat kekentalan yang lebih pekat serta kandungan kafeinnya lebih tinggi yang bisa di-mix dengan bahan lainnya untuk menetralkan kekentalan juga kafein bagi mereka yang kurang menyukai kopi pekat dan kental. Selain ragam menu kopi dari espresso yang disebutkan di atas, ada satu menu yang tidak kalah enaknya, that’s affogato! 

Affogato merupakan menu tradisional Italia berbahan dasar espresso yang dicampurkan dengan es krim atau gelato vanila. Di negri asalnya, affogato termasuk menu kopi yang banyak dinikmati dan digemari oleh orang-orang di kafe atau coffee bar di samping cappuccino dan mochaccino. Perpaduan antara dingin dan manisnya es krim/gelato vanila dengan panas dan rasa bittersweet-nya espresso, bikin meleleh di mulut, TOP Lovers!.

Nama asli affogato sendiri sebenarnya adalah affogato al cafe atau dalam bahasa Inggris dikenal dengan nama drowed in coffee yang memiliki arti “tenggalam”. Ini mengacu kepada es krim/gelato vanila yang seperti tenggelam dalam espresso panas yang dituangkan di atasnya. Cara mengajikan affogato, aslinya, memang dengan menaruh es krim/gelato vanila terlebih dahulu di dalam cangkir atau gelas baru setelah itu menuangkan espresso di atasnya. 

Resep awal affogato hanya terdiri dari es krim/gelato vanila dengan espresso. Tapi sekarang ini banyak affogato dibuat tidak hanya menggunakan espresso, tapi juga cukup dengan menggunakan kopi tubruk atau kopi seduh hitam biasa. Es krim yang digunakan pun bisa berbagai rasa, seperti coklat, moka, kopi, atau stoberi. Juga perbedaan perbandingan takaran antara es krim/gelato dengan espresso dari resep aslinya. Banyak juga menu kopi lainnya yang menirukan “affogato-style” dalam penyajiannya, dalam artian style di sini adalah menuangkan espresso di atas suatu bahan atau jenis makanan tertentu. 

Karena menggunakan bahan yang sederhana dan mudah didapatkan, affogato dapat dibuat di rumah sebagai menu dessert setelah makan atau menjadi kudapan saat santai bersama keluarga. Bahan-bahan yang perlu TOP Lovers siapkan adalah satu shot espresso dan dua scoop es krim/gelato vanila. Untuk mempercantik tampilan affogato dan juga sebagai penambah rasa, TOP Lovers dapat menambahkan parutan dark chocolate atau almond sebagai topping-nya. Cara membuatnya, pertama-tama taruh terlebih dahulu dua scoop es krim/gelato vanila dalam cangkir atau gelas. Lalu tuangkan satushot espresso di atas es krim/gelato tersebut. Sebagai sentuhan terakhir, taburi dengan parutan dark chocolate atau almond

Bagi TOP Lovers yang tidak mempunyai mesin espresso, bisa menggunakan French PressV60, atauclever dipper sebagai penggantinya. Namun, jika TOP Lovers tidak ingin repot harus membuat espresso terlebih dahulu, bisa juga menggunakan kopi hitam seduh biasa, tapi seduh agak sedikit lebih kental dibandingkan ketika TOP Lovers menyeduh kopi pada biasanya. TOP Lovers bisa menggunakan kopi dari TOP Coffee, lho! Selain mudah dibuat, affogato dapat menjadi pilihan bagi mereka yang kurang menyukai kopi saat ada ajakan ngopi bareng bersama rekan kerja atau teman main. So, tidak ada alasan untuk menolak ajakan untuk seru-seruan bareng sambil ngopi ya, TOP Lovers.

Selamat mencoba!