Kamu Perlu Tahu, Hal-hal yang Membanggakan Terkait Kopi Indonesia Ini!

Kenikmatan kopi Indonesia tidak perlu ditanyakan lagi. Bahkan, berbagai varian cita rasa yang unik bisa ditemukan sesuai dengan di mana kopi tersebut berasal. Sebagai contoh kopi Sumatera yang berbau rempah, kopi Kintamani yang beraroma lemon, atau kopi luwak yang kental dengan aroma tanah.

Itulah mengapa kopi Indonesia sangat terkenal di seantero dunia. Tapi yang membuat kopi Indonesia mendunia dan membanggakan bukan hanya karena cita rasanya yang unik. Terus apa? Yuk, simak pemaparannya di bawah ini, Top Lovers!

Juara di Ajang Internasional
Kiprah Ayi Sutedja yang menjadi juara I di ajang ajang Specialty Coffee Association of America di Georgia, Amerika Serikat, begitu membanggakan. Bagaimana tidak Top Lovers, kopi ini dianggap terbaik karena penanaman dan pemeliharaannya tanpa menggunakan pupuk kimia alias organik. Ayi Sutedja pun mengangkat pamor kopi Priangan yang selama ini dianggap mengalami penurunan produksi. Selain itu, kopi Indonesia pun juara di  ajang pameran Melbourne International Coffee Expo (MICE) 2016 yang berlangsung pada 17-19 Maret 2016 lalu di The Melbourne Showgrounds, Melbourne.

Punya Banyak Specialty Coffee

Specialty coffee adalah kopi spesial dengan cita rasa istimewa. Kopi yang masuk kriteria ini bernilai tinggi dan biasanya masuk jajaran kopi premium. Di Indonesia specialty coffee dihasilkan di hampir setiap daerah, antara lain Kopi Luwak dari Lampung dan Bali, Kopi Gunung Puntang (Bandung) Kopi Gayo (Aceh), Kopi Mandailing (Sumatera Utara), Kopi Bajawa (Flores), Kopi Toraja (Sulawesi), Kopi Jawa dan masih banyak lagi. Banyaknya specialty coffee semakin mengukuhkan Indonesia sebagai penghasil kopi premium dunia. Membanggakan ya Top Lovers?

Kopi Sebagai Unggulan Pariwisata

Kamu Perlu Tahu, Hal-hal yang Membanggakan Terkait Kopi Indonesia Ini!
Pemandangan yang indah dan racikan kopi alami

adalah nilai tambah yang ditawarkan agrowisata kopi di Indonesia

Perkebunan kopi di Indonesia tidak hanya mempunyai daya tarik dari sisi nikmatnya kopi yang dihasilkan. Akan tetapi, perkebunan kopi di Indonesia sering kali disulap menjadi agrowisata yang memadukan kenikmatan secangkir kopi dengan keindahan alam, dan sensasi menikmati langsung kopi, dari tempat di mana kopi tersebut berasal. Hal ini tak bisa lepas dari kreativitas para petani dan pegiat kopi yang mampu mencium potensi daerahnya. Beberapa yang terkenal antara lain, Agrowisata Bali Pulina yang menghasilkan kopi Bali dan Kopi Luwak, Agrowisata Luwak di Lampung, dan Agrowisata di Aceh yang selalu ramai dikunjungi wisatawan domestik dan luar negeri, sehingga menjadi salah satu wisata unggulan Indonesia.

Tulang Punggung Perekonomian Bangsa

Lupakan sejenak tentang fakta bahwa Indonesia merupakan penghasil nomor empat kopi dunia. Tapi lebih baik kita renungkan manfaat adanya kopi bagi masyarakat Indonesia. Untuk tataran makro, kopi menghasilkan devisa sebesar 356,79 juta Dolar AS (Kemenperin). Lalu bagaimana ekonomi kopi di tataran mikro, dalam arti kopi dalam perkonomian masyarakat Indonesia kebanyakan?

Jawabannya jelas, kopi telah jadi tulang punggung banyak orang Indonesia.  Kamu pasti sangat mudah  bukan, menemukan orang-orang menjajakan kopi dengan berbagai cara, mulai dari warkop, pedagang asongan, pedagang kopi keliling, hingga warung eceran dan kedai-kedai kopi lokal. Mungkin tanpa kopi yang dihasilkan dari setiap daerah di Indonesia segala aktivitas ekonomi tersebut tak akan ada. Iya kan, Top Lovers? Sebaliknya, tanpa mereka pun, yaitu pedagang-pedagang kopi itu, kamu mungkin akan sulit menikmati kopi nikmat dan penuh cita rasa tapi  dengan harga terjangkau seperti Kopinya Orang Indonesia.