Ingin Belajar Meracik Kopi? Ini 3 Sekolah Barista yang Bisa Kamu Pilih

Kopi sudah jadi bagian dari gaya hidup. Lebih dari itu, dalam konteks Indonesia kopi adalah bagian dari hidup keseharian masyarakat. Dengan mudah kita dapat melihat orang-orang ngopi di pinggir jalan, di teras rumah, di gardu, di kantor, hingga kafe-kafe.

Seiring dengan itu, peningkatan minat terhadap keahlian dalam meracik kopi dan profesi barista pun meningkat. Bisa meracik kopi, lebih tepatnya ahli, menimbulkan image keren dan tentu saja menjanjikan racikan rasa yang nikmat.  Nah di sini akan dijelaskan 3 sekolah barista terbaik di Indonesia buat kamu, Top Lovers, yang tertarik belajar meracik kopi.

 

 

A Bunch Of Caffeine Dealers (ABCD)

Ingin Belajar Meracik Kopi? Ini 3 Sekolah Barista yang Bisa Kamu Pilih
Sumber foto : generation-g.id

Sekolah ini berada di bawah instruktur Laurentinus Bayu Sukma. Secara umum, sekolah ini memiliki kurikulum berupa empat bagian belajar teori dan praktik kopi, mulai dari appreciattion, brewing, cupping hingga latte. Semua peserta akan diajarkan untuk menakar dan menggiling biji kopi, cara menuangkan air panas sampai kopi tersaji di cangkir mungil. Di sekolah ini pula, peserta harus mengetahui kopi itu apa, cara menanamnya, jenisnya, intinya semua pengetahuan tentang kopi agar lulusan dari sekolah yang berlokasi di daerah Menteng, Jakarta Pusat, ini  dapat memperlakukan kopi dengan benar.

 

Ingin serius berkarier jadi barista, baca juga 5 Langkah Jitu Jadi Barista Idola

 

Sekolah Barista East Indische

Ingin Belajar Meracik Kopi? Ini 3 Sekolah Barista yang Bisa Kamu Pilih
Sumber foto : kopikini.com

Sekolah barista ini berlokasi di Lembang, Bandung, Jawa Barat. Diresmikan oleh Direktur Jenderal Pembinaan Penempatan Tenaga Kerja dan Perluasan Kesempatan Kerja (Binapenta & PKK) Drs. Hery Sudarmanto, M.H, pada 16 September 2016 lalu, Barista East Indische terbilang baru. Meski begitu, tidak perlu sangsi dengan kualitasnya Top Lovers. Pasalnya, Sekolah East Indische punya kelengkapan infrastruktur untuk mencetak barista profesional, sebut saja kebun kopi, laboratorium bibit kopi, dapur roasting sampai kedai untuk praktik meracik. Hal ini sangat baik bagi perkembangan industri kopi di Indonesia untuk menciptakan barista-barista terbaik dengan dukungan penuh pemerintah.

 

Tentang alat-alat penting dalam industri kopi, baca 5 Alat Penting Dalam Proses Produksi Dan Pengolahan Kopi

 

Anomali Coffee

Ingin Belajar Meracik Kopi? Ini 3 Sekolah Barista yang Bisa Kamu Pilih
Sumber foto : pinimg.com

Sekolah yang satu ini pasti sudah tak asing bagi Top Lovers yang tinggal atau sering ke Jakarta. Anomali adalah coffee shop pada awalnya, tapi lama kelamaan karena reputasinya sebagai coffee specialist semakin dikenal, coffee shop ini membuka beberapa kelas kopi untuk umum. Berbagai jenis keahlian meracik kopi ada di sini, seperti basic espresso, advance espresso, latte art class, kelas manual brewing dan cupping class. Di Anomali Coffee setiap orang pun bisa mengikuti kursus kilat selama dua (2) hari belajar jadi barista.
Jadi dari ketiga sekolah tersebut, pilih yang mana, Top Lovers buat meningkatkan ilmu meracik kopimu?