Es Kopi Lebih Sehat Daripada Kopi Panas, Beneran?

Sebenarnya ini perkara selera. Soalnya, baik kopi panas maupun es kopi sama-sama nikmat, iya kan?  Tapi namanya selera orang ‘kan beda-beda, ada yang lebih suka kopi panas, begitu pula ada yang lebih suka kopi dingin atau es kopi. Bahkan, bisa jadi tak sedikit juga yang suka dua-duanya.

Nah, itu dari aspek kenikmatan, tapi bagaimana kalau dari sisi kesehatan? Karena ternyata, kopi memiliki segudang manfaat di bidang tersebut. Lalu sehat mana, kopi panas atau es kopi?

Kopi Panas

Saat pagi atau malam yang dingin, tentu lebih nikmat ditemani secangkir kopi panas. Sluruuupppp, top banget. Tapi tahukah kamu kalau kopi panas juga memiliki manfaat. Pertama, tentu menghangatkan badan dan membuat aktivitas jadi lebih semangat. Namun perlu diingat, air panas yang digunakan untuk menyeduh kopi akan mengeluarkan asam yang lebih pekat dari biji kopi. Akibatnya, kondisi ini kurang ramah bagi yang memiliki lambung sensitif atau memiliki masalah pencernaan.

Es Kopi

Berbeda halnya dengan kopi panas, penyajian kopi menggunakan es relatif lebih aman bagi lambung. Pasalnya, es batu akan lebih mengencerkan konsentrat kopi sehingga rasanya pun lebih “jinak”. Menurut Joan Salge Blake, RD, associate associate klinis di Boston University dan penulis Nutrition & You, dilansir dari Health via Kompas.com (17/09/2017) tambahan es atau justru nge-blend langsung kopi dengan es, bisa jadi pilihan alternatif yang lebih aman untuk orang-orang yang sensitif terhadap kafein atau punya masalah pencernaan, seperti maag atau refluks asam lambung.

Dengan demikian bisa disimpulkan, keduanya tetap aman dan sehat di konsumsi. Tapi buat yang memiliki masalah lambung dan pencernaan, disarankan lebih baik mengonsumsi es kopi sebab kadar asam dan kafeinnya bisa lebih rendah. Sementara buat yang tak punya lambung sensitif atau aman-aman saja, keduanya bisa dinikmati tanpa gangguan.

CATATAN TAMBAHAN: Untuk memperoleh manfaat sehat minum kopi, sebaiknya pilihlah kopi hitam tanpa gula. Atau jika masih perlu kopi manis, kamu bisa menggunakan pemanis lain seperti susu, madu, kau manis atau coklat dengan kadar yang minimal. Coba deh, mau kopi panas ataupun es kopi, pasti sama nikmatnya.