Dua Gelas Kopi untuk Segarkan Memori

Kamu akan menghadapi ujian atau presentasi dalam waktu dekat? Ada baiknya pertimbangkan untuk lebih teratur minum kopi. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh para dokter dari Universitas John Hopkins menyimpulkan bahwa kafein dapat memperkuat kapasitas memori jangka panjang pada manusia. Dalam penelitian ini, kelompok yang diberi minum kafein sebelum dites menunjukkan kemampuan memori 12% lebih baik dibandingkan kelompok yang tidak. Kesimpulannya, kopi sebagai salah satu sumber kafein dapat bermanfaat untuk meningkatkan daya ingat.

Menurut salah seorang anggota tim dokter peneliti tersebut, efek positif dari kopi ini muncul karena kafein dapat memperkuat komunikasi antara saraf di bagian otak yang mengatur memori. Namun, seberapa kuat efek yang dirasakan oleh peminum kopi juga tergantung pada beberapa faktor lain seperti pola konsumsi kopi, usia, gender, dan faktor hormonal. Jadi, pengaruh kafein pada kekuatan memori bisa bervariasi antara satu orang dengan lainnya.

Nah pertanyaannya sekarang, kapankah waktu yang paling efektif untuk minum kopi agar manfaatnya terasa maksimal untuk mempertajam daya ingat? Berdasarkan penelitian yang sama, minum kopi yang paling tepat adalah 5 menit setelah kejadian yang ingin diingat. Jadi, jika misalnya kamu akan ujian besok hari, maka minum segelas kopi 5 menit setelah kamu selesai menghapal materi, adalah cara yang dinilai paling efektif.

Namun dalam mengkonsumsi kopi, takaran juga harus diperhatikan karena kelebihan kafein juga akan memberi dampak kurang baik pada tubuh. Dalam hal ini, takaran yang disarankan adalah maksimal 200mg kafein atau setara dengan dua gelas kopi.

Jadi, buat kamu yang sedang belajar untuk ujian atau menghapal materi presentasi, jangan lupa untuk seruput TOP Coffee- mu juga, ya! ?