Daerah-daerah Penghasil Kopi Terbaik di Indonesia

Kopi telah jadi bagian yang tak terpisahkan dari Indonesia. Kopi menyatu dan melebur, di dalam tradisi, pergaulan sehari-hari bahkan kehidupan sosial-ekonomi masyarakat Indonesia.  Dalam konteks internasional, kopi jugalah yang mengharumkan nama Indonesia. Kopi Indonesia terkenal beraroma kuat, nikmat, dan menghangatkan sehingga termasuk specialty coffee atau kopi premuim yang berkualitas sangat tinggi.

Tentu keistimewaan-keistimewaan kopi Indonesia tersebut tak akan pernah ada, tanpa adanya daerah-daerah penghasil kopi terbaik. Ingin tahu daerah-daerah mana saja yang merupakan penghasil kopi terbaik Indonesia, Top Lovers? Simak daftarnya berikut ini.

Gayo, Aceh

Pemetik kopi di Gayo, Aceh.
Sumber gambar: lintasgayo.co

Kopi Gayo, demikian nama biji kopi arabika yang dihasilkan daerah ini - memiliki tingkat kekentalan yang ringan, keasaman yang seimbang, aroma harum yang khas dan rasa tidak terlalu pahit. Kopi ini juga dijuluki “green beans” karena dibudidayakan tanpa menggunakan pupuk buatan. Nilai alami yang dijunjung tinggi inilah yang membuat kopi gayo sangat berharga di mata pencinta kopi di seluruh dunia.

Kintamani, Bali

Kintamani adalah wilayah pegunungan yang berada di sekitar Gunung Batur, Bali.
Sumber gambar: matta-tour.com

Pegunungan Kintamani di Bali menjadi salah satu daerah penghasil komoditas kopi terbaik selanjutnya. Kopi yang ditanam di perkebunan ini diairi dengan sistem pengairan subak. Kopi Kintamani sangat disukai penikmat kopi mancanegara karena tingkat kekentalannya yang sedang, dengan keasaman yang cukup rendah tanpa rasa sepat. Uniknya, kopi arabika dari daerah ini mengeluarkan aroma sitrus dan rempah saat diseduh.

Tanggamus, Lampung

Pintu gerbang memasuki daerah Tenggamus, Lampung Selatan.
sumber gambar: pelitanusantara.com

Perkebunan kopi Tanggamus terletak di sekeliling kaki dan lereng gunung Tanggamus, Lampung. Daerah ini menghasilkan kopi dari jenis robusta dan merupakan 40% dari total hasil kopi di Lampung.Robusta Tanggamus memiliki kualitas sangat baik sehingga cukup diminati di pasar dalam negeri maupun internasional. Dibudidayakan di lahan pegunungan yang sejuk dan subur secara organik, robusta Tanggamus populer berkat cita rasa yang chocolaty dengan aroma yang kuat.

Bajawa, Flores

daerah-daerah-penghasil-kopi-terbaik-di-indonesia-4

Bejawa, di kelilingi oleh bukit-bukit yang kaya kebun kopi.
Sumber gambar: floresdiscovery.com

Dikenal dengan Arabica From Bajawa (AFB), Kopi Bajawa cukup terkenal di luar negeri. Berasal dari dataran tinggi Ngada, masyarakat setempat kemudian membudidayakan kopi tersebut lalu diolah dengan cara organik, sama sekali bebas pupuk kimia. Kopi Bejawa pun memiliki 2 varian rasa yaitu cokelat dan vanili dengan karamel alamiah.

Selain daerah-daerah di atas, masih banyak sebenarnya daerah penghasil kopi terbaik di Indonesia. Sebut saja Bondowoso, Toraja, Priangan, Sidikalang, dan Lembah Baliem. Jadi, mau mencoba kopi dari daerah mana dulu, nih Top Lovers?

 


Fakta Menarik Seputar Kopi di Indonesia 

Selain Penghasil Kopi, 5 Daerah ini Juga Merupakan Destinasi Wisata Favorit

3 Fakta Tentang Industri Kopi Indonesia yang Kian Menggeliat

Mengenal 3 Fakta Menarik dari Kopi Robusta

3 Fakta Unik Kopi Arabika

Kopi Indonesia Sebagai Sebuah Kearifan Lokal dan Budaya