Cara-cara Unik Orang Indonesia Ngopi

Ternyata, setiap orang dari berbagai negara punya cara-cara unik minum kopi. Di Italia misalnya, orang-orang Italia terbiasa ngopi dengan cara berdiri yang dikenal dengan un caffee. Selanjutnya di Ethiopia, setiap orang yang ingin menikmati secangkir kopi wajib mengikuti proses pembuatan kopi mulai dari memanggang, menumbuk, hingga menyeduhnya.
Sebagai masyarakat dengan tradisi ngopi yang kental, orang-orang Indonesia juga  punya cara-cara unik lho dalam menikmati kopi, Top Lovers. Bahkan cara-cara ngopinya bisa dianggap lebih nyeleneh dan kreatif dibanding negara-negara lain.

Kopi walik

Cara-cara Unik Orang Indonesia Ngopi
Sumber gambar: @tengokaceh

Awalnya cara ini berasal dari Aceh, dan kemudian berkembang hampir ke seluruh Indonesia. Ngopi dengan cara kopi walik cukup nyeleneh, karena gelas yang terisi kopi akan dibalik ke piring atau tatakan agar menggenang. Genangan kopi itulah yang kita minum, bisa diminum langsung dari piring, tapi konon lebih nikmat kalau menggunakan pipet atau sedotan. Nyeleneh tapi nikmat.

Teman setia, cemilan!

Cara-cara Unik Orang Indonesia Ngopi

Untuk orang Indonesia, ragam  cemilan adalah teman setia ngopi. Sebut saja gorengan, biskuit, kue kering, kayu manis (cinnamon) dan sebagainya. Uniknya lagi, biasanya cemilan-cemilan tersebut dicelupkan ke dalam kopi baru disantap. Hmmmmm sedap, dua kenikmatan dalam satu  tegukan, sungguh kreatif.

Di campur arang panas

Cara-cara Unik Orang Indonesia Ngopi
Sumber gambar: www.generation-g.id

Terdengar cukup ekstrem? Tapi di Yogyakarta sana mencampur kopi dengan arang panas memang benar-benar terjadi. Terkenal dengan sebutan Kopi Joss, inilah salah satu cara ngopi favorit orang Yogyakarta. Konon,  mencampur arang ke dalam kopi bisa menambah cita rasa dan kepekatan kopi. Layak dicoba!

Ngopi Di mana saja

Cara-cara Unik Orang Indonesia Ngopi

Mungkin tidak akan kamu temukan di luar negeri orang ngopi sambil duduk-duduk di pinggir jalan, di trotoar, atau taman-taman kota untuk sekadar kongkow dan santai-santai. Tapi di Indonesia itu adalah pemandangan yang lazim dan mudah ditemukan. Ini adalah salah satu bukti betapa budaya ngopi sangat melekat dalam masyarakat Indonesia. Hal ini juga sebenarnya tidak bisa dilepaskan dari adanya para pedagang kopi keliling yang siap sedia menyeduhkan kopi kapan saja, tak peduli panas terik dan hujan kepada semua orang. Selain pedagang kopi keliling, bisa disebut juga di sini warung-warung pinggir jalan, pedagang asongan, dan warung kopi yang bisa membuat orang Indonesia ngopi di mana saja.

Bagaimana Top Lovers, sudah mencoba cara-cara ngopi unik di atas? Atau kamu punya cara unik nan kreatif sendiri?