Cara Membuat Cold Brew Sederhana di Rumah

Kalau selama ini kamu mengira bahawa kopi cold brew hanya bisa didapatkan lewat coffee shop, kamu salah besar, TOP Lovers. Sebenarnya kamu bisa kok membuat sendiri kopi cold brew dengan alat-alat yang bisa jadi sudah kamu miliki di rumah. Penasaran bagaimana caranya? Simak penjelasan berikut ini, ya!

  • Bubuk kopi yang digunakan untuk membuat cold brew adalah medium coarse to coarse grind. Walaupun ada yang bilang, kalau untuk membuat secangkir cold brew, maka bubuk kopi medium coarse grind adalah pilihan terbaik. Jika kamu mempunyai alat penggiling kopi di rumah, kamu bisa menggiling biji kopi kamu sendiri. Namun jika tidak kamu bisa membelinya.
  • Kamu perlu menyiapkan sebuah jar dengan penutup yang kedap udara. Lalu masukkan kopi dan air dengan rasio 1:8 ke dalam jar tersebut. Air yang digunakan bebas,  TOP Lovers, boleh air bersuhu dingin atau suhu ruangan.
  • Aduk perlahan campuran air dan kopi ini secara merata. Lalu diamkan kopi selama 18 sampai 24 jam di suhu ruangan atau kulkas.
  • Setelah didiamkan, saring kopi dengan saringan yang halus atau dengan kain bersih. Proses penyaringan ini berfungsi untuk menghilangkan sisa-sisa serbuk kopi. Ulang berkali-kali proses penyaringan sampai tidak ada sisa residu serbuk kopi.
  • Setelah proses penyaringan selesai, tambahkan es batu kopi dan kopi cold brew langsung bisa dinikmati! Jika suka, kamu juga bisa menambahkan susu atau gula sesuai selera!

Cara membuat cold brew sendiri di rumah sama sekali nggak susah kan, TOP Lovers? Daripada uang kamu dihabiskan untuk membeli kopi cold brew di coffe shop yang mahal, lebih baik kamu mencoba membuat kopi cold brew di rumah, TOP Lovers!