Apa Sih, Bedanya Cold Drip, Cold Brew, dan Iced Coffee?

Kalau es kopi adalah minuman favoritmu, tentu kamu pernah mendengar istilah cold drip, cold brew, apalagi iced coffee. Nah, meski sama-sama 'kopi dingin' ternyata ketiga varian es kopi ini tidaklah sama, TOP Lovers. Istilah cold brew, cold drip dan iced coffee sebetulnya mengacu pada perbedaan cara pengolahan kopi untuk menghasilkan segelas kopi dingin. Apa saja sih perbedaan di antara ketiganya? Simak lebih jelas lewat artikel ini, yuk!

Cold Drip

Seperti namanya, kopi yang satu ini dibuat dengan metode drip menggunakan alat khusus yang terdiri dari minimal dua tabung utama yang disusun bertingkat. Tabung yang berada diatas untuk mengekstraksi kopi atau melakukan proses drip.  Sedangkan tabung yang ada di bawah untuk menampung hasil tetesan kopi.  Proses cold drip bergantung pada lamanya waktu yang dibutuhkan kopi yang diekstrak untuk keluar dan ukuran mesin yang digunakan. Rasa kopi yang dihasilkan lewat cold drip ini biasanya terasa lebih kuat, kental, dengan kadar asam yang rendah karena proses esktraksinya yang baik.

Cold Brew

Kopi dingin yang satu ini diproses dengan waktu yang lebih lama tapi dengan cara yang lebih mudah. Kopi dan air didiamkan dalam satu wadah selama 4-12 jam, sesuai keinginan sang coffee maker. Suhu air yang digunakan juga bebas, bisa air dingin ataupun bersuhu normal. Grind level yang digunakan untuk cold brew adalah medium sampai coarse grind. Setelah kopi dirasa sudah cukup lama didiamkan, kopi lalu  disaring menggunakan filter kertas atau kain. Untuk rasa kopi, cold brew menghasilkan rasa yang ringan dan juicy.

Iced Coffee

Kalau ini jenis kopi yang cara pembuatannya paling sederhana dan paling mudah untuk dibuat. Jika kamu memesan “es kopi” maka yang umumnya akan hadir di meja adalah minuman ini, TOP Lovers. Membuat es kopi tidak memerlukan alat khusus dan waktu yang lama seperti cold drip atau cold brew. Kopi cukup dicampur dengan air panas atau hangat, tunggu beberapa menit agar suhu kopi turun, kemudian barulah ditambahkan es batu. Rasa kopi yang dihasilkan oleh proses ini terasa sedikit lebih pahit dibandingan proses yang lainnya.

Bagaimana TOP Lovers? Sudah paham ‘kan perbedaan dari tiga jenis kopi dingin ini? Sekarang kamu nggak perlu bingung lagi deh kalau ingin memesan dan mencoba berbagai variasi kopi dingin.