Apa Saja yang Diperlukan untuk Mulai Bisnis Kopi

Salah satu bisnis terkait kopi yang bisa dibilang merupakan lahan bisnis menjanjikan adalah kedai kopi. Kedai-kedai atau warung kopi ada hampir di setiap kota dengan peminat yang terus tumbuh. Tak salah kalau banyak orang, mulai dari generasi muda hingga orang dewasa, tertarik membuka kedai kopi mereka sendiri. Jika TOP Lovers adalah salah satu orang yang ingin membuka bisnis kedai kopimu sendiri, yuk perhatikan hal-hal berikut ini.

 Rencana Bisnis yang Kuat

 

Sebelum memulai membangun kedai kopi, tentu kamu harus membuat rencana bisnis yang matang.  Seperti kedai kopi seperti apa yang ingin kamu dirikan? Siapa customer yang kamu incar? Apakah modalmu sudah cukup? Apa yang harus dilakukan jika ternyata bisnismu bermasalah? Tentunya rencana bisnis harus disiapkan dan dikembangkan sebaik-baiknya sebelum kamu benar-benar membuat kedai kopimu, karena tanpa rencana sebuah kedai kopi tidak akan berjalan seperti yang diharapkan

 Konsep

 

Setelah mempersiapkan rencana dan strategi bisnis, maka langkah selanjutnya adalah memikirkan konsep kedai kopimu. Dengan konsep yang jelas, maka kamu akan lebih mudah untuk menentukan target konsumenmu dan juga bagaimana kedai kopimu akan dikembangkan nantinya. Hindari membuat konsep yang sudah pernah digunakan sebelumnya ya, TOP Lovers, karena konsep akan menjadi identitas kedai kopimu nanti. Jadi buatlah konsep seunik mungkin agar kamu mampu bersaing dengan kedai kopi lainnya.

Mencari Lokasi

 

Lokasi tentunya akan menentukan biaya sewa dan juga harga kopi yang kamu jual nantinya. Misal, lokasi di pinggir jalan besar tentu sewanya cukup mahal sehingga segelas kopi yang kamu jual tentu akan jadi mahal juga. Sesuaikan lokasi dengan target konsumenmu dan pastikan tempatnya memang strategis.

Pemasaran

 

Pemasaran adalah hal penting yang akan memperkenalkan kedai kopimu ke target konsumen. Kamu perlu strategi pemasaran yang baik agar kedai kamu dapat merangkul konsumen. Strategi seperti harga promo atau sampel gratis adalah contoh pemasaran sederhana yang bisa kamu lakukan, namun tentunya kamu juga harus berinovasi dengan strategi pemasaran agar kedai kopimu tetap up to date dan mampu berkembang untuk bersaing dengan kedai kopi lainnya.

Memilih supplier kopi

 

Memilih supplier kopi yang tepat sangatlah penting dalam menjalankan bisnis kedai kopi. Supplier kopi penting karena hal ini terkait dengan produk utama yang kamu jual: kopi. Konsumen tentu akan menjadi pelanggan tetap kedai kopi yang menawarkan kopi dengan rasa terbaik, jadi selektiflah dalam memilih supplier. Pilihlah jenis kopi yang sesuai dengan konsep kedai kopimu dan carilah supplier yang memang menjual kopi yang kamu butuhkan dengan kualitas yang baik.

Itu tadi hal-hal yang kamu harus perhatikan untuk memulai bisnis kedai kopi ini. Setelah bisnis berjalan, jangan lupa untuk terus berinovasi agar kedai kopimu mampu bertahan, ya!