5 Manfaat Kopi yang Mungkin Belum Kamu Tahu, TOP Banget!

Selama ini bisa jadi kita hanya menganggap kopi sebagai ‘teman’ dari aktivitas sehari-hari. Nonton film atau bola, enak memang kalau sambil ngopi. Ngga kalah asik juga kalau kongkow bareng, meeting dan diskusi, lalu ditemani secangkir kopi di meja lengkap dengan cemilannya. Hmmmm, top banget.

Tapi apa itu aja sudah cukup? Menjadikan kopi sekadar teman setia dari segenap aktivitas yang kamu lakukan. Tentu saja belum, soalnya kopi juga ternyata punya manfaat-manfaat top lainnya. Penasaran dan pengen tahu manfaatnya? Yuk, simak!

Mengasah kreativitas

Ngga percaya, Top Lovers? Lihat saja para barista membuat tampilan kopi jadi lebih menarik. Lalu ada ada juga para creator yang membuat lukisan dan seni visual bermodal bubuk atau ampas kopi. Ini menjadi beberapa bukti bahwa kopi bisa mengasah kreativitas.

Sumber pendapatan

Kopi sudah jadi sumber pendapatan banyak orang. Mulai dari petani kopi, pekerja kebun kopi, pemilik warung, pedagang asongan, pengusaha kafe, hingga para q grader. Mungkin tanpa adanya kopi, mereka ngga bisa punya pendapatan. Dan kita pun, nggak akan bisa menikmati cita rasanya yang top.

Lestarikan tradisi

Budaya ngopi sejatinya ada di setiap masyarakat. Dan budaya ini ternyata tidak hanya terkait berkumpul bersama sambil bersantai untuk menambah keakraban. Melainkan kopi bisa melestarikan tradisi unik, seperti kopi sanger dari Aceh, kopi kawa daun asal Minangkabau, kopi durian, hingga kopi joss di Yogyakarta.

Kecantikan dan penghilang bau

Bubuk kopi banyak digunakan dalam bidang kecantikan. Pasalnya, bubuk kopi bisa memperhalus kulit, seperti kulit wajah dengan menjadikannya scrub. Selain itu, bubuk kopi pun terbukti ampuh untuk mengharumkan ruangan dan menghilangkan bau di kulkas karena amis.

Kesehatan tubuh

Nah, ini juga nggak kalah oke. Kopi dalam kadar tertentu ternyata bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Menurut tim peneliti dari University of Southampton dikutip dari National Geographic (29/11/2017), konsumsi kopi 3-4 cangkir sehari bisa menurunkan risiko penyakit hati, diabetes, demensia, dan beberapa jenis kanker, termasuk kanker prostat, endometrial, kulit, serta hati.

Wah, top banget kan? Gimana nih Top Lovers, sudah ngopi hari ini?