5 Langkah Jitu Jadi Barista Idola

Apa salah satu profesi yang paling diinginkan dalam industri kopi? Jawabannya: Barista kopi. Ya, profesi ini memang sedang hype di kalangan anak muda dan para pecinta kopi. Sebab ada seni di dalamnya, memadukan antara kemampuan meracik dan menyajikan seduhan kopi yang nikmat nan unik.

Lalu apa saja yang dibutuhkan untuk jadi seorang barista?

Kenali Jenis-jenis Kopi

 5 Langkah Jitu Jadi Barista Idola

Untuk menjadi seorang barista kamu sudah harus mulai belajar apa bedanya kopi Arabika, Robusta hingga Liberika. Selanjutnya kenali juga karakter dari setiap varietas kopi, misalnya tingkat keasaman, aroma,  kekentalan dan kekuatan kopi.

Kuasai Fungsi Alat-alat Meracik

Nah, setelah menguasai karakter dari tiap jenis dan varietas kopi, langkah berikutnya kuasai fungsi alat-alat meracik ala barista kopi. Contohnya, syphon, espresso machine, dan moka pot Top Lovers. 

Baca artikel 5 Alat Penting Dalam Proses Produksi Dan Pengolahan Kopi untuk mengetahui alat-alat penting untuk meracik kopi.

Mulai Belajar Teknik Meracik, Segera!

5 Langkah Jitu Jadi Barista Idola 

Jenis-jenis kopi sudah kenal baik, alat-alat peracik juga sudah jadi sohib. Selanjutnya belajar teknik meracik dan menyeduh. Di bagian inilah seni tertingginya, di mana kamu akan dihadapkan dengan kerumitan bagaimana memadukan antara penggunaan alat-alat yang berbeda dan karakter khas setiap kopi, sehingga menghasilan rasa kopi yang pas dan nikmat.

Perkaya Insight

 5 Langkah Jitu Jadi Barista Idola

3 langkah di atas adalah syarat dasar menjadi seorang barista kopi. Tapi pasti dong tak mau kalau jadi ‘barista yang biasa-biasa saja’. Untuk itu mulailah kuasai resep-resep kopi populer favorit seperti americano, espresso, long black, machiatto, frappe, dan flat white.  Selanjutnya mulailah belajar menilai kualitas kopi, karena skill ini penting untuk mendapatkan predikat barista yang benar-benar ahli.

Latih Communication Skill

Barista sering kali berhadapan langsung dengan para konsumen atau pecinta kopi yang biasanya memiliki curiousity sehingga banyak bertanya mengenai kualitas kopi, racikan favorit, kopi terbaik itu apa saja, hingga permintaan untuk rasa kopi. Nah, agar mereka merasa nyaman dan betah, diperlukan skill komunikasi yang baik dari seorang barista.

Bagaimana, sudah siap menggeluti dunia barista, Top Lovers?

Untuk menambah pengetahuan tentang alat-alat penting dalam industri kopi dan tentang kreativitas yang berasal dari kopi, baca artikel di bawah.

5 Alat Penting Dalam Proses Produksi dan Pengolahan Kopi
4 Ragam Kreativitas yang Terinspirasi dan Berasal Dari Kopi
3 Fakta Unik di Balik Kopi Indonesia yang Perlu Diketahui