5 Kopi Terenak di Dunia, Kopi Indonesia Ternyata Termasuk di Dalamnya

Harga memang tak bisa bohong. Beberapa kopi termahal dunia termasuk kopi paling enak dan paling diminati karena cita rasa, proses pembuatan dan kelangkaannya. Menariknya, di jajaran kopi terenak yang ada di dunia, kopi Indonesia termasuk di dalamnya. Apa sajakah kopi-kopi terenak di dunia itu? Simak yuk Top Lovers daftarnya di bawah ini.

Kopi Kona

5 Kopi Terenak di Dunia, Kopi Indonesia Ternyata Termasuk di Dalamnya

Kopi kona adalah  jenis kopi yang ditanam di wilayah Kona, Big Island, Hawaii. Kopi ini dilindungi oleh hukum untuk memastikan hanya kopi yang ditanam di daerah ini yang dapat dijual sebagai "kopi Kona".  Kopi kona merupakan tipe kopi gourmet yang sangat mahal dan berharga sangat tinggi di pasar internasional. Biji kopi ini disebut-sebut sebagai kopi dengan kandungan kafein tertinggi dengan rasa yang sangat genuine: kental, pahit, dan wangi.

Tanzania Peaberry Coffee

Tanzania Peaberry adalah kopi dengan tekstur sedikit kental dan beraroma buah. Rasa dari kopi ini sangat kaya, campuran dari rasa kismis, coklat, pahit kopi, dan saat ditelan akan meninggalkan rasa manis. Berbeda dengan biji kopi lain yang umumnya memiliki 2 biji kopi, Tanzania Peaberry berasal dari buah yang terdiri dari satu biji kopi. Biasanya sebanyak 1-9% tanaman kopi terdiri dari biji kopi peaberry, yang sering dipisahkan dari biji kopi lainnya dan dijual dengan harga premium.

Ternyata banyak juga kopi Indonesia berkualitas premium lho, baca selengkapnya di artikel Daerah-Daerah Penghasil Kopi Terbaik Di Indonesia.

Ethiopian Harrar Coffee

 5 Kopi Terenak di Dunia, Kopi Indonesia Ternyata Termasuk di Dalamnya

Ethiopian Harrar punya rasa pedas dan aroma yang harum. Salah satu kopi terenak di dunia ini tumbuh di alam liar yang eksotis dan diproses secara alami. Ethiopian Harrar ditanam di lahan pertanian kecil di wilayah Oromia, Ethiopia Selatan, pada ketinggian antara 4.500 dan 6.300 kaki. Kopi harrar dikenal memiliki rasa keasaman wine dan buah dengan aroma harum blackberry. Saat dinikmati, kopi ini akan meninggalkan rasa yang tajam di lidah dan bibir. Kopi Ethiopia sering disajikan dalam acara-acara tradisi masyarakat Ethiopia yang tak bisa lepas dari tradisi minum kopi.

Selain Ethiopia, Indonesia pun punya tradisi minum kopi yang unik, baca selengkapnya dalam artikel Tradisi Ngopi Ala Sumatera.

Colombian Coffee

5 Kopi Terenak di Dunia, Kopi Indonesia Ternyata Termasuk di Dalamnya

Kopi Kolombia memiliki berbagai tingkatan. Jenis yang paling umum adalah Variedad Colombia. Pada kopi ini kamu akan merasakan classic caramel dan aroma cokelat. Selanjutnya, ada Colombian Exelso Grade yang memiliki kepekatan lebih ringan dan sedikit lebih asam. Terakhir, Colombian Supremo yaitu tingkatan kopi terbaik produksi Kolombia. Jenis ini memiliki sifat yang lembut, aromatik, dan kemanisan.

Kopi Toraja

Kopi Toraja merupakan kopi yang tumbuh di dataran tinggi Pulau Sulawesi, tepatnya di Tana Toraja.  Tana Toraja dikenal sebagai salah satu daerah penghasil kopi Arabika terbaik di Indonesia bahkan dunia. Kopi Toraja memiliki tekstur kopi yang kental, saat diseduh dengan air panas bubuk kopi ini akan langsung mengendap di bawah cangkir. Saat kamu menyeduh kopi ini dan menikmatinya tanpa gula, rasanya bukan pahit seperti kopi pada umumnya, tetapi gurih dan segar.

Kamu bisa baca lebih dalam tentang Toraja dalam artikel Mengenal Tana Toraja dan 5 Hal Eksotis yang Ada di Dalamnya

Wah, bangga rasanya salah satu kopi Indonesia yaitu Kopi Toraja ternyata merupakan salah satu kopi terenak di dunia. Kabar baiknya, kalau kamu mau menikmati kopi ini tidak harus pergi jauh-jauh ke Tana Toraja, Sulawesi Selatan. Karena sekarang ada Top Coffee Kamu tinggal menyeduhnya, dan dapatkan cita rasa kopi terbaik dari Kopinya Orang Indonesia.