5 Hal yang Harus Dihindari saat Membuat Kopi

Kopi yang ngga enak, bisa disebabkan kopinya kurang berkualitas. Hal ini sudah kita bahas di artikel Trik Bedakan Kopi “yang Berkualitas” dan “yang Tidak”. Tapi ternyata ada hal lain yang juga dapat menyebabkan kopi kehilangan cita rasa. Kalau ini sampai terjadi, bukannya kesegaran dan kenikmatan yang bakal didapat, karena aktivitas ngopi malah akan jadi kurang berkesan. Apa saja yang harus dihindari agar kopi tetap enak, Top Lovers? Simak pemaparannya berikut ini.

Air Terlalu Panas

Cara seperti ini,berpotensi menghancurkan rasa kopi sebab air yang terlalu panas akan melebur rasa kopi. Padahal agar cita rasa kopi terjaga, esktraksi harus terjadi antara kopi dan bubuk kopi dengan suhu air di bawah 100 derajat Celsius. Idealnya, 96 derajat. Untuk menghindari hal ini terjadi biarkan dulu air mendidih selama 30 detik, atau kamu beli saja thermometer (khusus kopi) untuk mengukur suhu air.

Komposisi Tidak Proporsional

Meracik kopi termasuk seni, sehingga mencampurkan setiap komposisinya pun membutuhkan ketepatan. Mulai dari ukuran suhu air, seberapa banyak gram biji kopi yang akan digiling, dan seterusnya. Semuanya perlu takaran yang tepat agar kopimu tidak berasa seperti teh dalam teko. Karena itu kamu, membutuhkan timbangan (scale) dan – seperti yang telah dijelaskan di atas – thermometer khusus kopi untuk mengukur suhu air yang tepat.

Alat-alat yang Kurang Bersih

Jangan sepelekan masalah kebersihan, terutama terkait alat-alat yang berfungsi untuk meracik kopi, seperti grinder, filter, mesin espresso, hingga gelas dan sendok. Dilansir Kompas.com (09/09/2017), alat yang kurang bersih seperti ini dapat menumbuhkan bakteri sehingga peminumnya bisa terkena masalah pencernaan. Lebih berbahaya lagi, kalau yang minum itu punya lambung sensitif. So, pastikan kebersihan semua alat saat meracik dan menyeduh kopi ya, Top Lovers.

Kopi Kurang Segar

Untuk kasus seperti ini, biasanya terjadi karena kamu menggiling kopi terlalu jauh sebelum menyeduhnya. Sebab, untuk mendapatkan cita rasa terbaik, biji kopi seharusnya digiling sesaat sebelum diseduh. Efek yang paling terasa saat kamu menyeduh kopi seperti ini adalah berkurangnya kesegaran

Penyimpanan Kopi Salah

Menyimpan kopi di tempat-tempat yang terlalu lembab, berangin, dan terpapar matahari secara langsung, akan membuat kopi rusak. Di ruangan ber-AC malah direkomendasikan asal suhunya tidak terlalu dingin. Sekitar 25-30 derajat, dan jangan sampai di bawah 20 derajat. Jadi pastikan kamu simpan biji kopi ditempat atau wadah yang kedap udara, kering, dan ngga berair sedikit pun sebelum menggiling dan menyeduhnya ya, Top Lovers.

Nah, sekarang sudah tahu nih apa saja yang harus dihindari saat memembuat kopi. Well,  mau meracik apa hari ini?