5 Alat Penting dalam Proses Produksi dan Pengolahan Kopi

Sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa kenikmatan secangkir kopi tak bisa dilepaskan dari jasa para “Pahlawan Kopi”. Sebut saja salah satunya Barista yang mempunyai skill dalam meracik kopi sehingga rasa kopi jadi lebih tasty.

Selain itu, jangan lupakan juga alat-alat yang digunakan dalam proses produksi dan peracikan kopi ya Top Lovers. Karena tanpanya, sajian kopi yang nikmat mungkin tak akan sampai di lidah kita.

Alat Penggiling Kopi

5 Alat Penting dalam Proses Produksi dan Pengolahan Kopi

Dikenal juga dengan sebutan coffee grinder, alat ini sangat penting dalam proses pengolahan kopi. Saat kopi sudah melewati proses pengeringan dan penyangraian (roasted), biji kopi terlebih dulu harus digiling dalam mesin ini  sampai menjadi serbuk. Kopi dalam bentuk serbuk inilah yang sudah siap diseduh dengan air panas atau mendidih.

Alat Pengupas Kopi

5 Alat Penting dalam Proses Produksi dan Pengolahan Kopi
Sumber gambar: blog.oilslickcoffee.com

Bisa dikatakan, pengupasan biji kopi termasuk langkah awal dalam proses pengolahan kopi. Para petani kopi melakukan aktivitas ini setelah kopi dipanen untuk membersihkan kulit luar (ari) dan sebagian daging buahnya dengan bantuan alat pengupas. Pengupasan secara tradisional biasanya menggunakan alu dan lumpang, sedangkan secara modern menggunakan mesin yang disebut coffee pulper machine.

Coffee Roaster

Dalam proses ini, kopi dipanggang dengan tujuan menambah cita rasa kopi dan membuat aromanya lebih kuat. Saat ini proses pemanggangan (roasted) kopi sudah menggunkan alat-alat modern yang dilengkapi menu untuk mengatur kadar keasaman kopi hingga suhu memanggang. Secara tradisional proses pemanggangan kopi biasanya dilakukan dengan cara sangrai: biji kopi dimasukkan ke wajan tanpa minyak, diaduk-aduk dengan api besar yang menyala di bawahnya.

Syphon

Terdengar agak asing di telinga, tapi posisinya sebagai salah satu alat penting untuk menambah cita rasa kopi sepertinya tak tergantikan. Ya, syphon, sebuah alat yang lebih mirip alat laboratorium dibanding penyeduh kopi ini, menggunakan metode suction dan vakum untuk menghasilkan uap yang akan membuat rasa kopi  smooth, friendly, dan beraroma semerbak. Tapi butuh kesabaran dan ketelitian yang menggunakan alat ini agar kopi yang dihasilkan sempurna. Tak mengherankan, kalau syphon biasanya digunakan oleh barista untuk meracik kopi di kafe-kafe premium.

Mesin Espresso

5 Alat Penting dalam Proses Produksi dan Pengolahan Kopi

Alat ini dikhususkan untuk membuat kopi espresso, yaitu jenis kopi yang dibuat dengan cara menggunakan air mendidih dengan tekanan tertentu yang kemudian akan dialirkan ke bubuk kopi. Hasil akhirnya adalah menghasilkan satu gelas konsentrat kopi atau kopi yang kental nan pekat. Mendunianya espresso membuat mesin espresso diciptakan berbeda-beda menurut segmentasi penggunanya. Kalau butuhnya untuk pemakaian rumahan atau sekadar hobi, ya nggak perlu-perlu amat membeli mesin espresso dengan kapasitas yang bisa membuat kopi untuk kebutuhan kafe. Begitu juga sebaliknya. Mesin espresso ada beberapa tipe, mulai dari yang otomatif, semi-otomatif, hingga manual.
 
Selain kelima alat di atas, kiranya alat-alat penting lainnya dalam proses produksi dan pengolahan kopi seperti dripper, french press, dan moka pot pun perlu disebutkan. Satu hal yang pasti, semua alat tersebut mampu membuat rasa kopi lebih kaya dan penuh cita rasa, sehingga bisa bermanfaat untuk menemani hari-harimu.