4 Trik Meracik Kopi Ala Kafe di Rumah

Di balik rasanya yang nikmat, pembuatan hingga kualitas bahan baku yang digunakan untuk membuat kopi di coffee shop sangatlah diperhatikan. Tak heran kalau Kopi buatan kafe memang terasa agak berbeda dibandingkan kopi buatan sendiri, TOP Lover.  Buat kamu yang ingin meracik kopi ala coffee shop di rumah sendiri, kamu bisa coba trik berikut ini, nih!

Pemilihan Biji kopi

 

Untuk mendapatkan rasa kopi nikmat seperti di kafe, yang pertama harus diperhatikan adalah pemilihan biji kopi.  Pastikan kalau biji kopi yang kamu pilih berkualitas. Pilihlah biji kopi yang masih segar atau baru di sangrai. Kopi yang masih segar menimbulkan aroma yang kuat dan nikmat. Namun rassa dan harum yang nikmat tentu relative. Tergantung bagaimana kamu menilai biji kopi tersebut.

Menggiling Kopi

 

Ketika kamu sudah memilih biji kopi yang cocok, kini waktunya untuk menggiling kopi. Untuk menggiling kopi, kamu memerlukan bantuan alat penggiling kopi atau grinder. Pilihlah grinder yang berkualitas sehingga hasil dari penggilingan kopi kamu tetap baik. Pastikan juga alat penggiling kamu bersih dan tidak berbau. Karena hal ini akan mempengaruhi aroma dan kualitas kopi yang kamu giling.

Rasio Perbandingan Kopi dan Air

 

Rasio antara air dan kopi yang kamu pakai juga bisa mempengaruh rasa kopi yang dihasilkan. Jangan gunakan air terlalu banyak, karena akan membuat rasa kopi terasa hambar.  Begitu juga sebaliknya, jangan gunakan air terlalu sedikit karena akan membuat rasa kopi terlalu kuat kuat dan pahit. Rasio yang tepat adalah 15 cc air digunakan untuk setiap 1 gram bubuk kopi. Namun kamu juga bisa mencoba rasio yang pas di lidahmu, TOP Lovers!

Suhu Air Panas

 

Suhu air juga akan memengaruhi rasa pada kopi. Untuk menyeduh kopi tentu air dingin dan air hangat kurang pas untuk digunakan. Selain karena kopi akan susah larut, kualitas rasa kopi akan berubah tergantung suhu air yang dipakai untuk menyeduh. Air panas mendidih juga tidak disarankan untuk menyeduh kopi. Untuk mendapatkan kopi dengan rasa seperti di coffee shop, suhu air yang digunakan memang tidak boleh sembarangan. Sebaiknya, gunakan air panas yang bersuhu antara 89-96°C.

Itu tadi beberapa trik untuk menghasilkan kopi ala kafe di rumahmu sendiri. Gimana, TOP Lovers? Tertarik untuk langsung mencobanya?