4 Trik Membuat Kopi Manis Tanpa Gula

Tidak sedikit orang yang enggan mengonsumsi kopi karena alasan takut, salah satunya takut akan rasanya yang pahit.  Ini sebenarnya perasaan yang wajar mengingat tidak semua orang suka rasa pahit. Tapi masalahnya orang yang tak suka rasa pahit juga sering kali berpikir beberapa kali untuk menambahkan gula karena berbagai alasan. Don’t worry Top Lovers, kopi tetap bisa dinikmati kok karena rasa manisnya bisa ditumbulkan meski tanpa gula. Ingin tahu rahasinya? Ini dia 4 triknya.

Pilihan Biji dan Profile Roasting-nya

Kalau kamu memang awalnya bukan pecinta kopi dan ingin menikmati kopi original, memang yang akan dirasakan hanya rasa pahit. Karena itu, jangan berhenti pada satu kopi tapi nikmatilah beragam jenis kopi dari berbagai single origin yang ada. Pasalnya, kopi memiliki karakteristik yang berbeda-berbeda dan memiliki ‘rasa manis’ bawaan yang bisanya dikenal dengan “catatan rasa”. Kopi tak melulu pahit namun ada juga yang berkarakter sweetness, fruity, herbal, flowery dan sebagainya. Untuk mendapatkan karakter rasa dan mendapat rasa yang moderat tersebut, ada baiknya kamu tabya ke teman yang sudah jadi pecinta kopi. Atau langsung berkonsultasi ke barista kopi tentang roast profile-nya, mulai dari level light, at least light to medium, hingga level dark.

Baca artikel tentang barista  kopi di 5 Langkah Jitu Jadi Barista Idola

Campur Susu

Di Indonesia mencampur kopi dan susu bisa dianggap sebagai tradisi sehari-hari. Di manapun bisa kita temukan orang-orang yang minum ‘kopsus’, iya kan? Memang memadukan antara kopi dan susu bisa menghasilkan sensasi beda: pekat kopi melebur tanpa kehilangan cita tasa. Di sisi lain susu mampu melengkapi rasa pahit yang masih tertinggal samar-samar. Nikmat tak terkira. Kalau ingin lebih praktis, Top Lovers bisa mencoba Top Coffee Susu Kental Manis. Dengan premium coffee blend quality, kopi ini akan terasa lebih nikmat karena kekentalan susu menyatu di dalam kekentalan kopi pilihan yang beraroma kuat.

4 Trik Membuat Kopi Manis Tanpa Gula

Ditambah Madu

Madu sering menjadi alternatif campuran kopi untuk menyamarkan rasa pahitnya. Kopi hitam semacam Long Black dan Americano yang biasa kamu konsumsi dengan gula, kini bisa digantikan dengan madu. Bagaimana dengan rasanya? Rasanya tak kalah nikmat, Top Lover. Karakter  manis madu yang pekat dan agak keasam-asaman melebur sempurna cita rasa pahit. Berani coba?

Baca artikel tentang manfaat kopi hitam di Manfaat-Manfaat Ngopi Tanpa Gula Yang Jarang Diketahui

Kayu Manis dan Cokelat

4 Trik Membuat Kopi Manis Tanpa Gula

Selain dijadikan taburan di atas cappuccino dan café latte, bubuk kayu manis dan bubuk cokelat juga bisa dijadikan campuran kopi pahit. Bahkan rasa kopi pahit akan terasa moderat jika kamu mencamvpur salah satu dari dua bahan ini. Pertama kayu manis, kayu yang dikenal juga dengan sebutan cinnamon  ini bisa memberikan aroma khas sehingga kopi kian nikmat. Bubuk cokelat apa lagi. Rasa manis coklat akan berpadu secara sempurna pada pahit kopi. Cara praktisnya, masukkan bubuk kayu manis atau bubuk cokelat secukupnya lalu aduk dengan merata. Kopi pahitmu kini hanya tinggal nama. Oh iya, kamu juga bisa memilih alternatif seperti creamer, whip creamsirup hazelnut, sirup mocha dan sirup-sirup campuran lainnya sesuai selera.

Baca artikel-artikel kopi menarik lain di bawah ini:

Waktu-Waktu Terbaik Ngopi
Tips-Tips Minum Kopi Agar Lebih Nikmat dan Mantap
5 Kopi Terenak Di Dunia, Kopi Indonesia Ternyata Termasuk di Dalamnya