4 Tips Agar Usaha Kopimu Lebih Oke

Selain pecinta kopi, di antara Top Lovers pasti ada juga dong yang membuat usaha kopi. Apakah itu warung kopi ataupun usaha sekelas kafe. Berusaha di bidang yang kita sukai memang lebih menyenangkan, iya kan?  Nah, buat Top Lovers yang berkeinginan punya tapi belum mewujudkannya simak tips-tips ini agar usaha kopimu lebih oke.

Tentukan Jenis Usahanya

4 Tips Agar Usaha Kopimu Lebih Oke
Contoh penyajian cold brew coffee

Jenis-jenis usaha kopi bervariasi, bisa jadi penjual kopi dan biji kopi, kedai kopi manual, gerobak kopi, hingga cold brew atau sajian kopi seduh dingin yang lagi hits itu. Menentukan jenis usaha kopi sangat penting, antara lain bermanfaat untuk mendorong agar rancana usaha lebih matang dan gambaran modal serta alat-alat yang diperlukan pun jadi lebih jelas.

Pertimbangkan Lokasi dan Rencana Promosi

Antara lokasi bisnis dan target pasar tidak bisa dipisahkan. Contohnya, kamu memilih lokasi bisnis kopi di sekitar perkantoran, maka target pasarnya pun tak akan jauh-jauh dari karyawan-karyawan di area perkantoran tersebut dan orang-orang yang berlalu lalang di sana. Kalau kamu ingin memperluas pasar, kamu harus memaksimalkan promosi. Promosi yang gencar dan pemilihan lokasi yang strategis akan membuat peluang usaha kopimu semakin bagus.

Snack atau Cemilan Pendukung

4 Tips Agar Usaha Kopimu Lebih Oke

Tradisi ngopi orang Indonesia unik, salah satunya kopi selalu ditemani teman setia berupa cemilan atau snack. Fakta ini harus jadi pertimbangan khusus kalau kamu ingin berbinsis di bidang kopi, terutama warung atau kedai kopi. Selain menjadi nilai tambah untuk menarik konsumen, banyaknya variasi cemilan pun akan membuat konsumen betah berlama-lama di tempatmu. Tentu saja dengan terus menikmati cemilan sambil ngopi.

Berikan Fasilitas Lebih

Banyak penikmat kopi yang masih fanatik dengan ‘kedai’ langgananya. Biasanya alasan mereka adalah fasilitas lebih yang diberikan. Mungkin itu bisa terkait layanan ramah dan barista yang oke, kopi yang unik dengan menu variatif,  tempat yang cozy, layanan ‘free wifi’, dan sebagainya. Intinya berikan sesuatu yang lebih agar konsumen mau terus datang dan nyaman ngopi atau membeli kopi ditempatmu. 

Itu dia beberapa tips sebelum berbisnis kopi. Simak inspirasi lain tentang kopi Indonesia di www.kopitop.com ya Top Lovers.