4 Ragam Kreativitas yang Terinspirasi dan Berasal dari Kopi

Masyarakat Indonesia tidak bisa lepas dari kopi. Setiap hari mudah sekali kita temukan pemandangan orang ngopi, mulai di café, warung kopi, kaki lima, di taman, hingga tak sedikit yang ngopi di rumah sebagai rutinitas sehari-hari.

Ternyata tidak sebatas itu. Kopi juga banyak menginspirasi orang-orang untuk menciptakan hal-hal kreatif, bahkan beberapa di antaranya berasal dari kopi itu sendiri. Berikut ini adalah daftarnya.

Fashion

 

Sumber gambar: www.devianart.com

Sudah bukan rahasia lagi kalau fashion banyak yang terinspirasi dan menggunakan motif kopi, mulai dari batik, sepatu, tas, aksesoris hingga dress. Seperti di Jakarta Fashion Week 2017 lalu yang disponsori Top Coffee, brand Lotuz memiliki koleksi pakaian yang terinspirasi kopi. Selain itu, bahkan ada handbag yang dibuat dengan memanfaatkan bungkus kopi sachet. Kreatif ya.

Fotografi

 

Top Lovers mungkin sudah sering melihat di media sosial orang yang di foto sambil ngopi? Atau foto secangkir kopi yang sedang mengepulkan asap hingga foto proses brewing oleh para barista? Ternyata, memang ada aliran fotografi yang mengkhususkan diri memotret segala sesuatu tentang kopi. Namanya Coffeetography.

Seni Meracik

 

Tak pelak lagi kenikmatan kopi dipengaruhi juga oleh barista dalam meracik kopi. Karena dalam proses peracikannya membutuhkan ketelatenan, rasa, dan teknik tertentu, layak kiranya kalau meracik kopi dianggap sebagai sebuah karya seni. Bahkan tidak hanya terkait rasa, barista pun sering punya kemampuan menghias secangkir kopi menjadi lebih menarik.

Sastra dan Film

 

Sumber gambar: www.beranda.co.id

Tahun 2006, penulis Dee Lestari merilis buku berjudul “Filosofi Kopi” yang berkisah tentang perjuangan seseorang yang memiliki hobi terhadap kopi dan memaknai kopi dari sudut pandang kehidupan. Buku ini berhasil menjadi best seller dan dianugerahi sebagai karya sastra terbaik versi majalah Tempo. Tahun 2015 lalu, “Filosofi Kopi” diangkat ke layar lebar oleh Sutradara Angga Dwimas Sasongko. Seperti bukunya, film “Filosofi Kopi” ini pun meledak di pasaran bahkan akan dibuat sekuel keduanya.

Kopi begitu lekat dengan kehidupan masyarakat Indonesia. Karena itu, sudah semestinya kita mencintai produk kopi buatan Indonesia, dan jangan lupa untuk menghargai mereka yang berjasa menghadirkan kopi nikmat ke hadapan kita. Baca lebih lengkapnya tentang mereka di artikel Mengenal Sosok-Sosok 'Pahlawan Kopi' Indonesia yang Inspiratif.