4 Ide Kreatif yang Berasal dari Ampas Kopi

Dari namanya saja, mungkin kita langsung akan beranggapan bahwa ampas kopi itu kurang bermanfaat. Anggapan yang wajar mengingat memang yang kita nikmati adalah ‘kopi’nya, iya kan Top Lovers?

Tapi tidak demikian untuk orang-orang yang punya kreativitas lebih. Mereka bisa menyulap ampas kopi yang biasanya terbuang sia-sia menjadi lebih bernilai. Tak percaya?

Alat-alat Furnitur

4 Ide Kreatif yang Berasal dari Ampas Kopi
Sumber foto: inhabitat.com

Karya dari salah satu perusahaan desain yang mengkhususkan diri dalam teknologi ramah lingkungan, telah menemukan cara mendaur ulang ampas kopi. Ya, perusahaan ini bernama Re-worked dengan founder sekaligus desainernya, Adam Fairweather berhasil menciptakan berbagai furnitur seperti kursi, meja, dan alat-alat rumah tangga. Ia mengombinasikan ampas kopi dengan limbah plastik untuk menciptakan material komposit. Hebatnya, material ini lebih tahan lama, tahan air, dan mudah dibentuk.

Sportwear

Ternyata bubuk kopi memiliki kecenderungan menghilangkan bau tak sedap. Manfaat ini tercium oleh salah satu perusahaan pakaian yang berbasis di Taiwan untuk menciptakan pakaian olahraga bermerk SCafe. Pakaian ini disinyalir lebih cepat kering dan bisa melindungi pemakainya terhadap paparan sinar UV. Yang paling oke, pakaian ini bisa mengurangi bau badan akibat keringat berlebihan karena kandungan ekstrak ampas kopi yang dikandungnya.

Penyerap karbon

Ampas kopi ternyata juga bisa digunakan untuk menyerap karbon yang menyebabkan polusi dalam udara. Para peneliti dari Ulsan National Institute of Science and Technology, Korea Selatan telah mengembangkan penyerap karbon alami dari ampas kopi. Benda ini akan berfungsi seperti spons karbon, menyerap emisi karbon dari atmosfer. Proses pembuatannya sederhana. Ampas kopi diseduh dalam larutan kalium hidroksida, kemudian dikeringkan dan dipanaskan dalam tungku argon-atmosfer.

Seni Visual dan Lukisan

4 Ide Kreatif yang Berasal dari Ampas Kopi
Sumber gambar : https://www.instagram.com/coffeetopia/

Siapa bilang orang Indonesia kurang kreatif. Justru sebaliknya, orang-orang Indonesia sangat kreatif sampai-sampai ampas kopi saja bisa dibuat seni visual yang indah dan artistik. Salah satu contohnya Ghidaq Al-Nizar, pria asal Bandung ini  berhasil membuat ampas kopi sebagai media lukis, dan dengan menggunakan alat sikat gigi, sisir, kuas, bahkan jari tangan dan sidik jari, ia mengubah ampas kopi tersebut menjadi karya yang istimewa. Selain itu, ada juga Yudi Purbaya yang melukis di kanvas dengan menggunakan serbuk kopi. Bahkan ada tradisi ‘nyethe’, yaitu melukis kretek dengan ampas kopi agar rasa lebih nikmat.

Untuk mengetahui lebih banyak tentang kreativitas yang terinspirasi kopi dan kopi Indonesia, baca artikel di bawah ini:

4 Ragam Kreativitas yang Terinspirasi dan Berasal dari Kopi
Kamu Perlu Tahu, Hal-al yang Membanggakan Terkait Kopi Indonesia Ini!
Sajian Kopi Khas Indonesia yang Tidak Ada di Negara Lain