4 Hal yang Diperlukan Kalau Mau Berkarier di Bidang Kopi

Karier di bidang kopi cukup menggiurkan. Biasanya memang berasal dari hobi ngopi dan kecintaan akan kopi, lalu lama-lama hobi tersebut ditekuni hingga menghasilkan. Profesi-profesi bidang kopi seperti petani kopi, pengusaha kopi, pemilik kedai kopi, q grader atau coffee tester, dan barista adalah beberapa contohnya. Tanpa rasa cinta kepada kopi mustahil semuanya bisa diwujudkan.

Nah, buat kamu-kamu yang tertarik berkarier di bidang kopi, inilah 5 hal yang kamu perlukan sebelum memulainya.

Passion

Passion, atau gairah, adalah hal yang akan menjaga kamu tetap bersemangat bekerja dalam bidang apapun, termasuk kopi. Meskipun tren atau perkembangan kopi silih berganti dan mungkin naik turun, dengan passion yang tinggi, kamu tak akan pernah menyerah menekuni dan memperdalam karier di bidang kopi. Misalnya kamu ingin berkarier jadi barista kopi, kamu tentu harus mengetahui segala hal tentang profesi ini beserta teknik-tekniknya.

Lebih jauh tentang belajar jadi barista baca artikel 5 Langkah Jitu Jadi Barista Idola


Lebih Sering Bepergian

4 Hal yang Diperlukan Kalau Mau Berkarier di Bidang Kopi

Bepergian akan menambah insigth atau wawasanmu tentang kopi. Misalnya bepergian ke kebun-kebun kopi, ke eksibisi-eksibisi kopi, dan ke berbagai belahan dunia lainnya. Di Indonesia hampir setiap daerah punya kopi khasnya masing-masing. Kamu bisa mulai dari sini, baru setelah itu dilanjutkan pergi ke eksebisi atau event-event yang terkait kopi. Selain bisa menambah wawasan, hal ini juga akan memperluas jaringanmu. Top Lovers.

Buat kamu Top Lovers yang suka traveling baca 4 Hal yang Harus Dilakukan Pecinta Kopi Saat Traveling


Belajar Terus

4 Hal yang Diperlukan Kalau Mau Berkarier di Bidang Kopi 

Tanpa belajar apa yang bisa didapatkan? Tidak ada! Itu berlaku untuk semua hal, termasuk kalau kamu akan berkarier di bidang kopi. Mengingat seluk beluk kopi cukup rumit, oleh karena itu, dibutuhkan ketekunan dalam mempelajari vairan-varian kopi, kekhasan rasa kopi, cara pemasaran hingga cara pengolahannya. Belajar terus dengan tekun akan membuatmu jadi seorang spesialis. Salah satu syarat utama yang bisa membuat kariermu sukses.

Untuk beberapa profesi di bidang kopi baca Mengenal Sosok-Sosok 'Pahlawan Kopi' Indonesia yang Inspiratif


Konsisten dan Komitmen

Passion, obsesi, kerja keras dan belajar terus menerus adalah hal-hal yang sering mendominasi kebanyakan kisah-kisah sukses. Namun ada dua faktor lagi yang tidak kalah penting: konsisten dan komitmen untuk maju. Konsistensi akan membuatmu lebih terarah, sedangkan komitmen akan membuatmu lebih termotivasi. Dua-duanya sangat diperlukan.

Selamat mencoba dan memulai karir di bidang kopi, Top Lovers!