3 Karya Seni Artistik dan Unik yang Berasal dari Kopi

Top Lovers mengenal para seniman ‘kan? Mungkin mereka akan mengingatkan kalian pada sosok yang memiliki tingkat kreativitas luar biasa. Iya kan? Para seniman memang sering kali menciptakan hal menakjubkan nan artistik, termasuk karya seni yang dibuat dari dan terinspirasi kopi. Berikut penjelasannya.

Lukisan dari Ampas Kopi

3 Karya Seni Artistik dan Unik yang Berasal dari Kopi
Sumber foto: https://www.instagram.com/coffeetopia/

Kreativitas orang Indonesia memang tak ada habisnya. Di berbagai daerah ada tradisi unik minum kopi. Sekarang, malah ampas kopi dari kopi yang telah habis yang dibuat lukisan. Tak percaya? Ini dia mereka: Bambang Suroboyo di Lampung, Aditya Kresna di Tulungagung, dan Ghidaq Al Nizar di Tulungagung. Mereka adalah orang-orang kreatif yang mengubah ampas kopi lebih bernilai. Ada yang melukis di cangkir, piring, kanvas, bahkan ada juga yang di atas daun.

Melukis dengan Cangkir Kopi

3 Karya Seni Artistik dan Unik yang Berasal dari Kopi
Sumber foto: redhongyi.com

Red Hong Yi Seniman asal negeri tetangga Malaysia, adalah seniman wanita keturunan Tiongkok dari garis kakek dan ayahnya. Dia (Yi) seorang lulusan arsitektur dari universitas Melbourne Australia dengan gelar master. Siapa sangka Top Lovers, ternyata wanita ini adalah pelukis yang menggunakan cangkir kopi, sebagai alat melukisnya. Sudah banyak inspirasi dari cangkir kopi yang telah dia dituangkan, seperti wajah artis Mandarin. Hampir semua karyanya adalah wujud kecintaan Yi terhadap kopi dan seni.

Mosaik Terbesar dari Biji Kopi

3 Karya Seni Artistik dan Unik yang Berasal dari Kopi
Sumber foto: worldrecordacademy.com

Lain hal dengan Hong yang meluksi dengan segelas kopi, seniman asal Albania bernama Saimir Strati justru membuat mosaik yang menggambarkan orang-orang yang bermain alat musik dari berbagai belahan dunia. Dan uniknya, mosaik tersebut disusun dari biji-biji kopi yang menempel di kanvas berukuran 25 meter persegi. Namanya pun terkenal sebagai pelukis mosaik di Guinness World Record sebagai mosaik  terbesar dengan bahan dasar biji kopu.

Bagaimana Top Lovers, mau seperti seniman-seniman di atas? Kreatif dan unik. Kalau begitu, tak ada salahnya mencari inspirasi sambil ngopi pada waktu-waktu terbaik buat ngopi. Karena dari kopi,  bukan tak mungkin kamu dapat menciptakan hal yang kreatif dan artistik.

Baca artikel-artikel tentang kreativitas dan keunikan kopi Indonesia lainnya berikut ini:

4 Ragam Kreativitas yang Terinspirasi dan Berasal Dari Kopi
Sajian Kopi Khas Indonesia yang Tidak Ada di Negara Lain
3 Fakta Unik Di Balik Kopi Indonesia Yang Perlu Diketahui